saveninjavideo

Welcome to my blog!

Mengenal Tipe Foto Dari Layanan Jasa Foto Udara Untuk Inspeksi Remote Area Dan juga Bidang Yang membutuhkannya

jasa foto udara untuk inspeksi remote area

Meskipun kehadirannya telah ada cukup lama, namun layanan jasa foto udara untuk inspeksi remote area masih terdengar asing di masyarakat. Hal ini berkaitan dengan keberadaannya yang hanya berfungsi secara aktif bagi bidang-bidang tertentu saja. Itu sebabnya, bagi Anda yang ingin mencoba mengenalnya lebih jauh. Simaklah uraian penjelasan berikut. 

Layanan jasa foto udara

Layanan jasa foto udara adalah jenis layanan yang memberikan jasa foto dari atas udara. Jenis layanan yang satu ini juga dikenal dengan istilah aerial photography. Jika diartikan berarti mengambil gambar atau foto dari udara dengan menggunakan sarana pembantu, seperti pesawat, drone, helikopter dan lainnya. 

Meskipun terlihat mudah, faktanya bidang fotografi memiliki banyak bagian penting di dalamnya. Apalagi untuk jenis fotografi yang dilakukan dari atas udara. Dalam hal ini, foto yang dilakukan tidak hanya asal jepret saja. 

Jenis-jenis foto udara 

Berikut ini adalah beberapa jenis foto udara yang umumnya dilakukan dan digunakan oleh layanan jasa foto udara Jakarta, di antaranya : 

  • Aerial photography tipe oblique

Untuk jenis foto yang satu ini, umumnya ia diambil dengan tingkat kemiringan sebanyak 45 derajat. Selain itu, jenis foto yang satu ini lebih sering digunakan pada bidang arkeologi. Hal tersebut ditujukan untuk memberikan konteks yang lebih luas. 

Tidak hanya itu, untuk proses pengambilan gambar yang dilakukan secara manual, umumnya ia akan menghasilkan tampilan lanskap yang bagus. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengambil foto dari ketinggian rendah. Baik itu dengan menggunakan helikopter atau bahkan pesawat berukuran kecil. 

  • Aerial photographi tipe vertikal 

Sedikit berbeda dengan cara pengambilan foto di bagian atas tadi. Untuk jenis foto yang satu ini umumnya dilakukan secara lurus dari bagian atas lanskap yang diinginkan. Selain itu, cara ini juga terbilang mudah, karena tidak menghasilkan perspektif berbeda yang dapat mendistorsi gambar. 

Merujuk pada hal tersebut tidak heran jika kemudian tipe vertikal ini lebih sering digunakan oleh layanan jasa foto udara untuk inspeksi remote area. Karena selain mencakup area yang lebih luas. Cara ini juga dapat menghadirkan fokus pada topographi, apalagi jika dibandingkan dengan detail yang lebih spesifik. 

Bidang-bidang yang menggunakan jasa foto udara 

Setelah mengetahui beberapa jenis foto di bagian atas tadi. Patut untuk Anda ketahui pula, bahwa ada beberapa bidang yang seringkali menggunakan dan memanfaatkan jasa foto udara, di antaranya: 

  • Bidang arkeologi 

Pada bidang ini, foto udara digunakan untuk mencari monumen dan juga beragam jenis benda lain yang hilang. 

  • Bidang geologi 

Meski tidak banyak membantu, ia dapat digunakan dalam mengetahui informasi curah hujan tahunan. Selain itu, ia juga dapat digunakan untuk mempelajari perubahan iklim. 

  • Bidang studi tata kota

Untuk bidang yang satu ini foto udara umumnya dilakukan dengan ketinggian rendah. Hal tersebut ditujukan untuk melihat dan juga memeriksa infrastruktur yang ada pada daerah tertentu. 

Demikianlah penjelasan mengenai macam-macam jasa foto udara untuk inspeksi remote area dan bidang khusus yang membutuhkannya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *