saveninjavideo

Welcome to my blog!

Mengenal bagian Penting dalam Storm Espresso Machine dan Fungsinya

Illustrasi Penggunaan Mesin Kopi

Ketika Anda membeli Storm espresso machine sudah pasti Anda Perlu belajar mengenal beberapa bagian penting dari alat tersebut, terutama yang berhubungan dengan pembuatan espresso itu sendiri, antara lain :

  1. Portafilter

Yang pertama akan dibahas adalah Portafilter. Salah satu bagian yang ada di Storm espresso machine ini berfungsi sebagai tempat bubuk kopi yang akan diekstrak. Adapun portafilter ini harus berada dalam suhu yang tepat, pada proses ekstraksi dilakukan. Jadi ketika Anda melepas alat tersebut, sebaiknya jangan terlalu lama, dari Grouphead-nya. Adapun portafilter ini sendiri terdiri dari Handle, Basket dan juga Spouts.  

  1. Tamper

Salah satu dari cara kerja mesin espresso yang perlu diperhatikan dan cukup menentukan hasil kopi yang akan diseduh adalah pada proses pemadatan bubuk kopi. Ini adalah fungsi dari alat bernama tamper. Proses pemadatan ini sendiri terjadi pada portafilter. Adapun cara memadatkan bubuk kopi tersebut adalah dengan menggunakan telapak tangan.

  1. Group head

Adapun bagian mesin espresso yang perlu Anda ketahui lainnya adalah Group head. Ini adalah tempat dimana bubuk kopi yang ada pada portafilter yang sebelumnya sudah dipadatkan / di-tamping, akan diekstrak. Proses ekstraksi sendiri akan dilakukan dengan menggunakan tekanan tinggi, pada mesin espresso itu sendiri. Hingga menghasilkan Shot Espresso.

Dalam hal ini Group head harus berada di suhu yang tepat, pada saat proses ekstraksi dilakukan. Itu sebabnya, Anda perlu membilasnya dengan menggunakan air, yang berasal dari boiler. Terutama ketika mesin berada dalam kondisi idle atau tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Tepat pada bagian bawah Group head akan dikelilingi oleh sekat dengan bahan karet atau disebut dengan grup basket. Dimana fungsi dari alat ini adalah untuk menutup group head dan juga portafilter secara rapat. Sehingga tekanan tidak akan keluar dari tempat yang tidak diinginkan. Bisa dibilang karet penyekat ini adalah salah satu bagian yang paling rapuh dari mesin espresso tersebut. Jadi dalam hal ini Anda sebagai pengguna, sebaiknya ganti karet tersebut, setidaknya 1 kali dalam setahun.

  1. Knockbox

Ada juga bagian bernama Knockbox, dimana alat yang satu ini berfungsi sebagai penampung ampas, dari bubuk kopi yang sudah diekstrak dari portafilter. Adanya knockbox ini, akan memudahkan kerja barista dalam melepas atau juga membuang ampas bubuk kopi dengan cara mengetuk portafilter dari bagian besi yang ada di tengah Knockbox tersebut.

  1. Extraction Switch

Ini adalah sebuah tombol yang fungsinya untuk memulai dan juga mengakhiri proses ekstraksi. Ketika Anda menggunakan mesin espresso yang otomatis, maka tombol tersebut nantinya dapat diprogram, agar proses ekstraksi dapat dihentikan dalam jangka waktu tertentu.

Sedangkan pada mesin espresso yang semi otomatis, maka Anda harus menekan tombol tersebut secara manual, guna menghentikan proses ekstraksi.

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, dan ketahui akan aneka macam bagian dari Storm espresso machine tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *