saveninjavideo

Welcome to my blog!

Waktu yang Tepat untuk Melakukan Integrasi eCommerce dan ERP

Ilustrasi Integrasi E-Commerce dengan ERP

Sudah pernah mendengar tentang ERP (Enterprise Resource Planning) software dan tertarik untuk memadupadankannya dengan bisnis ecommerce. Namun masih ragu-ragu. Berikut ini waktu yang tepat untuk melakukan integrasi eCommerce dengan ERP tersebut.

Apa itu ERP

ERP (Enterprise Resource Planning) adalah seperangkat software yang fungsinya adalah untuk mengelola serta mengintegrasikan berbagai aktivitas operasional dari suatu bisnis. Dahulu, ERP  lebih banyak dipergunakan pada perusahaan-perusahaan yang berskala besar, namun sekarang kalangan UKM pun telah mulai menerapkan dan merasakan manfaatnya.

Cara Kerja Sistem ERP

ERP software akan melakukan penyederhanaan alur kerja dan otomatisasi  melalui database terpusat. Sistem integrasi ecommerce dengan ERP akan memudahkan untuk mengetahui data secara real time membuat jadi lebih efektif serta efisien. Sebagai contoh, pada saat ada pesanan masuk maka dengan otomatis sistem akan mengirimkan data juga informasi pada pusat distribusi dengan secara terintegrasi dan efisien supaya bisa dapat memenuhi pesanan dengan tepat waktu. Dengan ERP maka bisa langsung cek stok persediaan dan lalu atur pengemasan dan pengiriman dan dapat mengetahui waktu pengiriman, selain tingkat inventaris, dan lain sebagainya. Data dari berbagai bagian disatukan secara terpusat dan mudah diakses secara real time. Otomatisasi dan penyederhanaan alur sistem akan membawa penghematan dan kepercayaan yang signifikan.

Waktu Tepat untuk Integrasi eCommerce dengan ERP

Sebenarnya jika ditanya kapan waktu yang tepat untuk melakukan integrasi ERP ini maka jawabannya ialah secepatnya. Mengingat keuntungannya sangat signifikan dan sebanding dengan biaya yang harus dikeluarkan. Tak perlu menunggu bisnis menjadi besar dulu karena proses integrasi ERP ini justru akan mendukung makin besarnya usaha. Namun jika ada kejadian sebagai berikut maka ini tanda untuk mulai  segera melakukan integrasi ERP dengan eCommerce.

Ketika Pemesanan Tak Tertangani dengan Baik Lagi

Baik karena faktor human error, atau sebab makin banyak dan makin kompleksnya pertumbuhan pemesanan maka lalu menjadi tak mampu tertangani dengan baik lagi. Banyak delay dan pemesanan yang mengalami kesalahan penanganan, baik pada jumlah maupun alamat pengiriman dan permasalahan serta kendala lainnya yang berujung pada ketidakpuasan pelanggan. Pada saat inilah merupakan tanda akan perlunya segera melakukan integrasi ERP dan ecommerce

Ketika Informasi Terlambat Diterima

Informasi apapun lambat diterima, hal ini menunjukkan adanya ketidakefisienan pada jalannya sistem. Padahal akurasi data dalam bisnis itu sangat penting.

Ketika Lambat Bereaksi

Akibat adanya lag of information di lapangan, maka analisanya terlambat dan keputusan solusi yang diambil juga menjadi terlambat. Lagipula harusnya bisa melakukan antisipasi masalah bukan menunggu masalahnya terjadi baru bereaksi. Prediksi dan antisipasi bisa dilakukan jika penerimaan informasinya akurat dan cepat. Apabila kelambatan ini berlangsung secara terus menerus maka sudah saatnya untuk segera melakukan integrasi ERP dengan eCommerce.

Juga jika keluhan pelanggan meningkat, dan penerimaan menurun juga tak efektifnya berbagai strategi pemasaran maka itu semua adalah tanda perlunya segera dilakukannya integrasi ERP dengan eCommerce. Jangan tunda lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *