saveninjavideo

Welcome to my blog!

Perbedaan Multi Channel Dan Omni Channel Ecommerce Platform Untuk Pemula

Ilustrasi Multi Channel Ecommerce Platform

Meskipun pada era pandemi seperti sekarang ini banyak orang beralih profesi menjadi pebisnis online, akan tetapi masih banyak para pelaku bisnis online yang belum mengetahui istilah dalam dunia bisnis online. Strategi market atau strategi bisnis yang sering disebut adalah multi channel ecommerce platform, dan omnichannel. Kedua strategi bisnis memiliki dasar yang sama, keduanya menggunakan banyak channel atau platform untuk menjual produk. Keduanya juga sama sama memanfaatkan platform online maupun digital secara bersamaan pada prakteknya. Lalu apa perbedaan antara kedua strategi bisnis online ini.

Dasar

Meskipun memiliki persamaan, multi channel ecommerce platform dan omnichannel memiliki perbedaan yang mendasar. Pada multi channel ecommerce platform, terfokus pada penggunaan berbagai macam channel atau platform, baik itu channel digital maupun fisik.

Channel atau platform digital yang sering digunakan adalah media sosial, marketplace, email, aplikasi chatting , dan untuk channel fisik tentu saja toko fisik dan berbagai macam cara penjualan secara langsung.

Sedangkan untuk strategi omnichannel, terfokus pada experience customer pada channel channel yang disajikan oleh suatu brand. Meskipun sama sama menggunakan banyak channel untuk menjual produk, akan tetapi pada omnichannel dikatakan mampu memberikan pengalaman berbelanja lebih baik daripada multi channel ecommerce platform.

Integrasi

Perbedaan kedua dari strategi bisnis online adalah pada integrasi channel. Pada perbedaan ini, omnichannel dikatakan lebih baik dalam menggunakan channel channel yang dimiliki daripada multi channel ecommerce platform.

Hal tersebut mengacu kepada multi channel ecommerce platform yang mengelola tiap channelnya secara terpisah atau berdiri sendiri sesuai dengan platform yang digunakan.

Sedangkan untuk omnichannel, setiap channel yang dimiliki terhubung menjadi satu, bahkan integrasi ini juga berlaku pada toko offline yang dikelola.

Pengalaman Berbelanja

Sudah disebutkan di atas, jika pada omnichannel lebih berfokus untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik bagi pelanggan. Hal ini berkaitan dengan integrasi yang diberikan oleh omnichannel pada setiap platform yang digunakan.

Tidak adanya integrasi pada setiap platform tentu akan membingungkan pelanggan dalam berbelanja, hal ini terjadi pada multi channel ecommerce platform yang menjalankan setiap platformnya secara terpisah.

Informasi

Dikarenakan pengelolaan tiap channel yang berbeda, membuat multi channel ecommerce platform juga harus memberikan informasi yang berbeda pada setiap platformnya, hal ini berkaitan dengan penyesuaian pada platform tersebut.

Hal ini tidak terjadi pada omnichannel, karena adanya integrasi, tentu informasi yang disajikan akan sama meskipun pelanggan membuka channel yang berbeda beda dari satu toko.

Data

Pada strategi multi channel ecommerce platform, jumlah channel yang digunakan terlebih dahulu mempertimbangkan lokasi dari calon customer. Sedangkan untuk omnichannel, lebih terfokus pada perilaku customer itu sendiri. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *