saveninjavideo

Welcome to my blog!

Keunggulan Integrasi eCommerce dan ERP

Ilustrasi Intregasi E-Commerce dengan ERP

Pesatnya pertumbuhan eCommerce diiringi dengan tingkat persaingannya yang ketat. Sebagai akibat produk yang dijual yang mirip atau sama fungsinya. Bahkan bisa saja terjadi spesifikasi produknya lebih tinggi namun harganya justru lebih murah, akibat kemampuan untuk beroperasi yang lebih efisien. Jika sudah begini maka sebesar apapun pangsa pasarnya dan meski masih tersisa ceruk pasar yang belum tergarap oleh kompetitor sekalipun tetap akan sulit bersaing. Hal tersebut karena di jaman internet seperti sekarang ini maka semuanya serba transparan dan terbuka, jarak pun bukan masalah lagi. Bagi yang tak mampu untuk menjadi efisien maka akan tergilas dan tenggelam. Salah satu upaya agar ecommerce bisa mencapai tingkat efisiensi ialah dengan menggabungkannya dengan ERP (Enterprise Resource Planning). Berikut ini keunggulan integrasi eCommerce dengan ERP tersebut.

Praktis dan Mudah

Integrasi Ecommerce dengan ERP memudahkan para pelaku usaha dalam mengelola segala aktivitas ecommerce, yakni bisa meliputi manajemen pemesanan, dan manajemen informasi supplier atau pemasok, dan manajemen persediaan, juga manajemen pelaporan, dan pengelolaan akuntansinya dan dalam menangani backorders atau suatu kondisi ketika persediaan barang yang dipesan belum tersedia sebagian ataupun seluruhnya dan lain sebagainya

Efektif dan Efisien

Bisnis ecommerce  terintegrasi secara real time serta aliran pendapatan pun dapat dikelola dengan secara efektif dan efisien. 

Lebih Informatif

Integrasikan sistem ERP dan website ecommerce membuat alur informasi lebih cepat dan akurat sebab seluruh informasi akan terus menerus dilakukan update setiap harinya. 

Otomatisasi

Dengan mengintegrasikan software ERP dengan e commerce, maka sistem pun akan bisa dengan secara otomatis melacak jumlah persediaan barang secara real time. 

Begitu juga dengan proses Pencatatan Pendapatan, software ERP akan membuatnya jadi otomatis, tak perlu repot-repot mencatat pendapatan dengan secara manual. Tak perlu khawatir akan ada yang tertinggal atau timbul salah hitung serta human error lainnya.

Kepuasan Pelanggan Meningkat

Integrasi antara software ERP dan ecommerce akan meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Perpaduan penerapan ERP dalam Ecommerce pada bisnis ritel akan memungkinkan pelanggan bisa mengetahui status dan alur pesanannya. Hal ini memberikan kepastian, menghilangkan kekhawatiran dan memudahkan karyawan dalam menjawab berbagai pertanyaan dari pelanggan. Dengan meningkatnya kepuasan pelanggan maka akan makin sering menggunakan ecommerce dan bersedia melakukan pembelian ulang atau repurchasing dan reputasi pun meningkat.

Penghematan Biaya Operasional 

Integrasi antara ERP Software dan ecommerce juga bisa menghemat biaya operasional yang akan meningkat lebih cepat, lebih mudah dan juga akurasinya meningkat. Proses yang kompleks bisa disederhanakan. Dengan begitu akan menghemat banyak hal. Hemat waktu juga hemat biaya.

Meminimalisir Kesalahan 

Sistem ERP menggunakan teknologi yang canggih. Dengan segala otomatisasi dan efisiensi maka lalu memungkinkan untuk bisa meminimalisir berbagai kesalahan yang mungkin terjadi. Terutama untuk menghilangkan human error akibat kekurangmampuan dan kurang terampilnya karyawan, juga kurang fit dan fokusnya karyawan akibat berbagai hal human faktor bisa dihindari.

Itulah antara lain keunggulan dari integrasi ecommerce dengan ERP itu.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *