saveninjavideo

Welcome to my blog!

Mengenal Berbagai Macam Tes Wajib Untuk Masuk Ke Perguruan Tinggi Ternama di Luar Negeri

Ilustrasi Les A Level

Jika anda ingin berkuliah di luar negeri, maka anda harus memahami segala persyaratannya agar apa yang anda inginkan tersebut bisa terlaksana dengan baik. Di antara banyaknya persyaratan tersebut, salah satunya adalah memiliki nilai ujian tes A Level, SAT, EJU. Oleh karena itu banyak yang menyiapkan dirinya dengan mengikuti les A level dan berbagai les lainnya.

Untuk lebih memahami tiap tes, anda bisa simak artikel ini sampai selesai untuk menjawab banyak pertanyaan yang anda miliki.

  1. Tes EJU

EJU atau yang memiliki nama lain Nihon Ryugaku Shiken, merupakan ujian kualifikasi yang tervalidasi dan dijadikan salah satu syarat utama yang harus dikerjakan oleh seorang pelajar yang hendak melanjutkan studinya ke jenjang S1 di Jepang. Pelaksanaan EJU berada di bawah Japan Student Service Organization atau JASSO. 

EJU diselenggarakan dua kali dalam rentang waktu satu tahun, yaitu di tiap bulan Juni dan November. Beberapa bidang keilmuan yang menjadi materi tes dalam EJU ini diantaranya Ilmu Pengetahuan Alam (Kiia, Biologi, dan Fisika), Matematika, Japan dan Dunia, dan juga Japan sebagai bahasa asing.

Pelaksanaan tes EJU bisa anda ikuti dalam dua bahasa, yaitu bahasa Jepang dan Inggris. Jika anda hendak mendaftar program S1 yang bahasa pengantarnya sehari-hari adalah bahasa Jepang, maka ujian yang anda ambil harus berbahasa Jepang dan juga sebaliknya.

  1. Tes A Level

A level merupakan ujian kualifikasi yang telah diakui secara internasional dan diperlukan untuk anda yang ingin masuk ke perguruan tinggi luar negeri tingkat S1. Tes A level berada di bawah naungan lembaga resmi Cambridge International Examinations (CIE). Beberapa negara tujuan melanjutkan studi yang menggunakan A level sebagai syarat diantaranya adalah Norwegia, Austria, Jerman, dan Inggris.

Untuk perguruan tinggi di inggris biasanya mengharuskan anda lolos minimal di 3 mata pelajaran A level. Nah bagi anda yang ingin memperdalam tentang Tes A level ini, anda bisa mengikuti berbagai les A level yang bisa dengan mudah anda temukan melalui media sosial.

  1. Tes SAT

Sama halnya dengan tes A level, untuk bisa melanjutkan studi jenjang S1 di berbagai negara seperti Singapura, Australia, Amerika Serikat dan lainnya maka anda harus mengikuti dan lolos Tes SAT atau kependekan dari Scholastic Aptitude Test. SAT merupakan tes kualifikasi yang sudah diakui secara internasional yang diciptakan oleh College Board.

Pelaksanaanya 7 kali dalam satu tahun. Beberapa materi yang diujikan diantaranya adalah keterampilan menulis, membaca, dan matematika.

Tak perlu khawatir jika anda belum menguasai tes tersebut, banyak lembaga yang membuka semacam les untuk membantu anda seperti les a level, les SAT dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *