saveninjavideo

Welcome to my blog!

Ketahui Kapan Anak Sebaiknya mengikuti Bimbingan Belajar

Ilustrasi Bimbel Matematika SD

Menghadapi anak yang mempunyai banyak tugas dari sekolah seringkali membuat para orangtua menjadi kebingungan. Namun kesalahan yang sering terjadi dari para orangtua adalah justru menyelesaikan PR mereka. Padahal hal tersebut bukan menjadi solusi terbaik. Selain bisa membuat anak menjadi ketergantungan, hal tersebut bisa membuat mereka merasa tidak percaya diri dan tidak mandiri. Nah, anda bisa pertimbangkan bimbel matematika SD.

Salah satu solusi terbaik adalah mengikutkan sang anak untuk mengikuti bimbel. Hal tersebut bukan berarti para orangtua tidak mau bertanggung jawab untuk mendampingi anak belajar, namun bisa membantu mengatasi masalah yang dihadapi anak dengan baik.

Saat anak sudah merasa kesulitan belajar

Kesulitan belajar bisa diawali dengan nilai harian anak yang semakin hari semakin menurun. Sangat penting jika para orang tua memeriksa buku tulis anak setiap harinya dalam memantau perkembangan belajar mereka di sekolah. Bisa juga melakukan sesi tanya jawab dengan buah hati. Anda bisa baca buku catatannya lalu ajukan beberapa pertanyaan yang sesuai dengan buku catatan tersebut.

Jika anak tidak bisa menjawab dengan lancar, kemungkinan anak tidak mempunyai masalah dalam kegiatan belajar di sekolah. Namun jika anak tidak bisa memberikan jawaban yang tepat, bisa jadi dia mengalami kesulitan belajar di sekolah. Nah, para orangtua bisa mempertimbangkan apakah si anak perlu mengikuti pelajaran di bimbel atau tidak.

Tingkat pemahaman dalam mencerna materi pelajaran menurun

Anda harus tahu jika sesi tanya jawab dengan anak bisa menjadi tolak ukur dalam memahami tingkat pemahaman si anak terkait bidang studi tertentu. Anda bisa berikan soal sederhana untuk menguji seberapa jauh pemahamannya. Misalnya untuk mata pelajaran matematika, anda bisa buat soal yang sama dengan contoh dari catatan si anak, namun anda perlu mengganti angkanya. Jika anak bisa menyelesaikan soal tersebut, maka anak bisa memahami materi tersebut. Namun jika anak merasa kesulitan, artinya pemahaman terkait materi tersebut bisa dibilang kurang. Nah, anda bisa putuskan apakah si anak perlu mengikuti bimbel matematika SD.

Orangtua kurang mampu mengikuti materi pelajaran anak

Seperti yang kita tahu jika kurikulum sekolah saat ini semakin berkembang dan bisa membuat para orang tua mengalami kesulitan saat membimbing anak di rumah. Banyak juga yang merasa kesulitan saat menyampaikan materi yang tidak dipahami anak saat menemani proses belajar anak. Saat anda merasa tidak mampu untuk membantu anak belajar di rumah, tak ada salahnya untuk mendaftarkan anak untuk mengikuti bimbingan belajar seperti bimbel matematika SD. Pastikan anda mendaftarkan anak dengan tempat bimbel yang sesuai dan berkualitas. Namun jika anak cenderung pemalu, akan lebih baik jika anda mencari bimbingan belajar secara privat agar anak merasa nyaman saat belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *