saveninjavideo

Welcome to my blog!

Apa Fungsi Hormon Luteinizing bagi Pria dan Wanita

Ilustrasi Fungsi Hormon Reproduksi

Luteinizing hormone atau sering disingkat sebagai LH ialah salah satu hormon penting bagi tubuh terutama terkait dengan fungsi reproduksi manusia. Berikut ini pembahasan lebih lanjut mengenai Fungsi Hormon Reproduksi Luteinizing tersebut bagi Pria dan Wanita.

Fungsi Hormon LH  atau Luteinizing hormone bagi Pria

Kelenjar pituitari akan melepaskan luteinizing hormone atau hormon luteinizing (LH) yang memiliki peran.yang penting bagi organ reproduksi pria maupun wanita. Pada tubuh pria maka hormon LH diperlukan untuk produksi testosteron. Hormon Luteinizing akan menstimulasi sel yang namanya sel Leydig pada testis untuk memproduksi

testosteron, yang akan mempengaruhi produksi sperma pada kaum lelaki. Hormon tersebut juga akan membuat pria jadi memiliki ciri khas fisik tertentu khas kaum lelaki, yakni seperti perubahan suara yang makin berat dan dalam, lalu juga dengan tumbuhnya kumis serta jenggot, juga rambut pada bagian tubuh yang lainnya.

Fungsi Hormon Reproduksi LH  atau Luteinizing Hormone bagi Wanita

Pada tubuh wanita hormon LH mempunyai peran penting dalam siklus haid atau menstruasi bulanan. Biasanya siklus tersebut terjadi sekitar selama 4 minggu. Lebih tepatnya ialah di 2 minggu pertama dan kedua. Pada dua minggu pertama maka hormon LH akan menstimulasi folikel yang ada di ovarium atau indung telur, hingga memproduksi hormon seks pada wanita yang disebut sebagai estradiol. Lalu di hari ke 14 maka fungsi hormon reproduksi LH pada tubuh wanita akan meningkat dengan secara drastis, hingga mampu memicu proses pelepasan sel telur yakni proses ovulasi ketika wanita sedang masuk pada masa subur. 

Lalu di  2 minggu terakhir siklus haid atau menstruasi, maka hormon LH akan menstimulasi produksi progesteron, yang penting untuk mendukung masa awal kehamilan perempuan wanita. Jika sudah memasuki masa ovulasi maka prosesnya akan berlangsung secara alami. Bisa terjadi pembuahan sel telur oleh sperma. Tetapi jika tidak terjadi pembuahan, maka lapisan rahim yang ada akan keluar lewat  vagina dan fase ini sering disebut sebagai masa haid atau masa menstruasi bulanan. 

Itulah fungsi hormon reproduksi LH pada tubuh wanita yakni untuk membantu tubuh dalam mengatur siklus menstruasi serta ovulasi. Luteinizing hormone juga memiliki fungsi penting pada saat tiba masa pubertas. Hormon tersebut diproduksi oleh kelenjar hipofisis yang ada pada otak. Kadar hormon LH pada perempuan akan meningkat ketika sedang haid atau menstruasi dan juga pada masa setelah menopause

Itulah peran penting luteinizing hormone pada pria maupun wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *