saveninjavideo

Welcome to my blog!

Mengenal Komponen Pada Jasa Pemetaan Lidar

Jasa Pemetaan Lidar

Kemunculan alat-alat khusus untuk membantu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan sangatlah membantu dan mampu mempercepat waktu pengerjaan dengan hasil yang maksimal. Dalam bidang pertambangan, perhutanan, sipil, arkeologi membutuhkan bantuan alat yang dapat melakukan pemetaan lingkungan sekitarnya yang disebut LiDAR. Apakah itu jasa pemetaan LiDAR? Simak penjelasannya.

Mengenal LiDAR

Merupakan sebuah teknologi dalam upaya mengukur jarak dan mendeteksi objek pada suatu permukaan di muka bumi dengan bantuan pancaran sinar laser. Light distanceandranging mulai muncul sekitar tahun 60-an.

Awalnya teknologi tersebut hanya digunakan untuk keperluan bidang penerbangan saja, akan tetapi berkat fungsi dan manfaatnya membuat LiDAR dipakai juga ketika melakukan pemetaan wilayah.

Dengan adanya alat tersebut memberikan banyak kemudahan bagi banyak pekerjaan terutama di bidang geologi, arkeologi, geomatika, seismologi, geografi, geomorfologi, fisik atmosfer, dan lain sebagainya.

Komponen yang Terdapat pada LiDAR

Selanjutnya penjelasan komponen-komponen yang terdapat pada alat deteksi objek sebagai berikut.

  1. Sinar Laser

Sinar laser pada alat tersebut dibedakan berdasarkan panjang gelombang yang dipancarkannya. Jenis cahaya yang biasa dipakai diantaranya ultraviolet, infra-red, tampak, dan sebagainya.

Pertama, panjang 100 sampai 1000 nm yang biasa dipakai kebutuhan non-ilmiah, aman dilihat langsung oleh mata dan mudah fokusnya.

Ukuran pertama tersebut sudah mengantongi standar keamanan untuk mata manusia. Selanjutnya panjang sinar 1550 nm yang punya daya lebih tinggi dan lebih panjang, tapi cahayanya kurang fokus dan masih dinilai aman bagi mata manusia.

Laser yang satu ini lebih sering digunakan dalam dunia militer dan bentuknya berupa kacamata nightvision.

Adapun untuk kebutuhan pemetaan lewat udara menggunakan laser dengan ukuran panjang 1064 nm.

  1. Alat Pemindai dan Optik

Kecepatan pemindaian objek dapat memengaruhi pada kecepatan pencitraan gambar. Ada beberapa mode yang bisa dipilih untuk memindai, seperti dualaxisscanner, azimuth, polygonalmirrors dan lain sebagainya.

Jenis perangkat tersebut juga dapat memengaruhi resolusi dan jangkauan.

  1. Detektor Foto dan Penerima

Komponen berikut yang ada pada jasa pemetaan LiDAR adalah pendeteksi foto atau penerima yang bertugas dalam merekam juga membaca apa yang dipantulkan oleh pulsa laser dari objek.

Pada sistem LiDAR dibagi menjadi dua jenis, ada photomultipliers dan photodioda.

  1. Sistem Pemetaan dan Navigasi

Ada beberapa komponen dalam sistem pemetaan dan navigasi, yakni sensor, GPS dan IMU.

Sensor terletak pada benda yang bergerak, baik pesawat, satelit untuk menentukan posisi awal. Kemudian GPS untuk titik koordinat geografisnya.

Terakhir ada inertiameasurement unit dalam penentuan orientasi. Gabungan ketiga komponen berguna untuk menerjemahkan data sensor ke poin statistik dan diolah untuk beragam sistem lainnya.

Demikian penjelasan seputar alat LiDAR. Hubungi jasa pemetaan LiDAR untuk membantu dalam menyelesaikan pekerjaan di berbagai bidang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *