saveninjavideo

Welcome to my blog!

Kenali Tentang Pipa SCH 40 dan Klasifikasinya

ilustrasi pipa sch 40

Apakah Anda pernah dengar tentang pipa sch 40? Mungkin memang masih terdengar asing dan jarang ditemui. Akan tetapi, jenis pipa tersebut sebenarnya sering kali ditemui pada proyek bangunan perumahan tertentu. Sch yang dimaksud disini artinya schedule, menggambarkan ukuran ketebalan pada suatu pipa. Schedule sendiri digunakan sebagai parameter untuk menentukan ketebalan suatu pipa yang tidak dimiliki satuan atau dimensi, jadi cukup diwakili angkanya saja. 

Mengenal Schedule dan Nomor Schedule

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, schedule biasa digunakan untuk menentukan ketebalan suatu dinding pipa. Semakin besar nomor angka pada schedule, menunjukkan ketebalan pipa semakin bertambah. Misalnya saja pipa 2 inch sch 40 tentunya memiliki ukuran lebih tebal dibandingkan dengan nomor schedule yang ada di bawahnya seperti 20 sch, 10 sch dan juga 5 sch. Namun ukuran pipa sch 40 akan lebih tipis dibandingkan dengan sch 60, sch 80 dan lain sebagainya. 

Lalu apa yang dimaksud dengan nomor schedule? Nomor schedule maksudnya adalah nilai yang dapat menentukan perkiraan ekspresi. Angka yang tertera pada pipa mulai dari 10 sch, 20 sch atau 40 sch bukan berarti menunjukkan ketebalan pipa.  Angka nomor schedule disini dapat memperkirakan ukuran dari rasion design pressure bagi tegangan yang memang diizinkan oleh pipa. Para engineer tentunya sudah merumuskan secara detail tentang hal ini. 

Apa Itu Pipa Schedule 40?

Pipa schedule 40 merupakan salah satu jenis pipa yang memiliki karakteristik ketebalan ideal yang bisa diaplikasikan pada berbagai model konstruksi bangunan, saluran gas, saluran air serta bahan konstruksi baja. Kekuatan yang dimiliki oleh pipa schedule 40 juga bisa dikatakan sangat bagus. Dilansir dari University of Massachusetts, kekerasan pipa schedule 40 berukuran 16,1 berdasarkan skala Rockwell. Berdasarkan hal itu, pipa sch 40 dilengkapi kekuatan luluh 423 MPa, modulus elastisitas 225 GPa. 

Pipa schedule 40 memiliki berbagai ukuran mulai dari 1/8 inch sampai 36 inch. Untuk ketebalannya sangat bervariasi, tergantung dengan diameter. Pipa sch 40 biasanya memiliki ketebalan baja antara 1,73 mm sampai 1/8 inci, 19,5 inci dan 36 inci. Sedangkan untuk masalah dimensinya mirip sekali dengan pipa standar (STD). Apa saja klasifikasi dari pipa schedule 40?

  • SCH 40 tersedia dalam ukuran NPS 1/8-36 inchi
  • SCH 40 tidak tersedia dalam NPS 22, 26, 28 atau 30 inchi
  • SCH 40 identik dengan pipa standar (STD) NPS 1/8-10 inchi, tebal mulai dari jenis NPS 12 inch.

Penggunaan pipa yang saat ini semakin beragam membuat banyak pabrikan berusaha untuk mengeluarkan produk pipa dengan ketebalan yang beragam pula. Akan tetapi, Anda jangan tergiur dengan harga murah dibawah standar. Biasanya kualitas yang dimiliki oleh pipa kurang berkualitas dan tidak tahan lama. Pastikan jasa penyedia pipa sudah profesional dan terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *