saveninjavideo

Welcome to my blog!

Ternyata Banyak Juga Jenis-Jenis Digital Printing Yang Belum Kita Ketahui

Ilustrasi Digital Printing

Digital printing saat ini menjadi salah satu perkembangan teknologi yang paling populer. Dimana teknologi tersebut diciptakan untuk membuat sebuah pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat. Dengan menggunakan digital printing yang dilengkapi dengan teknologi canggih, pastinya kita akan bisa mendapatkan berbagai kemudahan jika dibandingkan dengan metode percetakan konvensional.

Digital printing merupakan cara mencetak gambar dari media digital menjadi media fisik di berbagai bahan cetak. Bahan cetak digital printing adalah seperti kain, kertas, plastik, keramik dan lain sebagainya. Ada enam macam jenis printing atau percetakan, yaitu: inkjet printer, mesin plotter atau plotter machine, Digital Offset, flatbed printing, D printing, sablon digital.  

Berikut ini pengertian dari masing-masing jenis digital printing yaitu :

  1. Inkjet printer adalah printer yang biasa digunakan untuk keperluan bisnis dalam percetakan, contohnya adalah mesin foto kopi, membuat souvenir, seperti mug, cetak foto, undangan, dll 
  2. Mesin plotter atau ploter machine adalah mesin yang digunakan untuk mencetak media yang lebar. Mesin ini beragam merk dan ukurannya, mulai dari 1,5 meter , ,2 meter hingga 5 meter. Untuk jenis tinta yang dipakai pun bermacam-macam mulai dari tinta Dye atau pigmen, eco solvent, solvent, dan UV. Dimana masing-masing dari macam-macam tinta tersebut memiliki khas yang bisa disesuaikan dengan keperluan kita. 
  3. Digital Offset adalah mesin digital printing yang bisa menghasilkan cetakan sebesar ukuran A4 hingga A0. Biasanya mesin ini digunakan untuk mencetak peta, cetak kalkir, buku dsb. Keunggulan mesin ini yaitu mampu bekerja dengan cepat untuk mengeluarkan hasil cetakan sesuai dengan rancangan atau desain yang diinginkan. 
  4. Flatbed printing adalah mesin yang digunakan untuk mencetak media tebal seperti kayu, keramik, kaca biasa, kaca akrilik. Mesin ini menggunakan teknologi dari tinta UV, Keunggulan mencetak dengan memakai printer flatbed ini bisa langsung kering dengan sangat cepat, dan gambar yang dicetak pun mampu bertahan untuk jangka waktu yang lama. 
  5. 3D Printing adalah mesin cetak menggunakan bahan photopolymer yang bisa menghasilkan objek tiga dimensi yang cocok dengan keinginan konsumen. Percetakan tiga dimensi ini proses pembuatan objek tiga dimensi dari sebuah model CAD (computer-aided design), biasanya dengan menggunakan material cetak lapis per lapis (layer by layer). 

Keunggulan dari 3D printing adalah mampu memproduksi design secara custom. Hal ini bisa berguna apabila kita harus mengganti salah satu bagian yang mengalami kerusakan pada produk yang sudah ada, contohnya yaitu pada usaha pengangkutan menggunakan truk.

  1. Sablon digital adalah teknik percetakan digital dengan sablon yang dilakukan oleh komputer dan printer, dimana fungsinya adalah kurang lebih hanya operator di dua perangkat dan beberapa fungsi lainnya. 

Biaya operasional cetak sablon ini tergolong murah. Mesin ini bisa mencetak dengan langsung diatas permukaan media seperti kain atau katun dan polyester. Tipe printer jenis ini memakai tinta neo pigmen kornit yang dapat menghasilkan kualitas cetak sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *