saveninjavideo

Welcome to my blog!

Ingin Convection Oven Gas Awet? Ini Cara Merawatnya

ilustrasi oven gas

Mesin convection oven gas  pasti membutuhkan perawatan supaya lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Apalagi kalau bahan pembuatnya berasal dari stainless steel  yang anti korosi dan anti karat, jadi pastinya kotoran akan menumpuk meskipun tidak merusak komponen mesin. Berikut ini cara perawatan yang bisa Anda lakukan.

Cek Material Pembuatnya

Langkah pertama dalam perawatan adalah dengan memahami bahan pembuat dari oven yang Anda gunakan. Salah satu material yang sering dipakai adalah stainless steel. Sifatnya tidak memiliki pori sehingga lebih mudah untuk dibersihkan. Kemudian kuman dan kotoran juga tidak terlalu sulit untuk dihilangkan. Inilah mesin oven yang perlu Anda miliki karena akan lebih awet dan mudah dibersihkan.

Rutin Bersihkan Oven

Anda memang harus rutin membersihkan setiap noda yang menempel. Baik itu hanya menggunakan lap saja atau microfiber. Sebelumnya, Anda harus memastikan bahwa convection oven gas sudah tidak terhubung dengan listrik maupun gasnya. Berikut ini ada beberapa cara rutin yang bisa Anda lakukan.

  • Menggunakan Sabun Rendah Bahan Kimia

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan sabun yang tidak mengandung bahan kimia tinggi. Hal ini karena oven tersebut digunakan untuk memanggang makanan. jangan menggunakan pembersih lain kalau mengandung zat tersebut, bisa berbahaya ke makanan. hal ini juga karena meskipun telah di lap bersih, aroma dan zat kimia masih ada yang tertinggal. Akan lebih baik kalau pakai sabun cuci piring saja.

  • Menggunakan Alumunium/ Oven Sheets

Tips selanjutnya adalah dengan menggunakan alumunium atau oven sheets. Kedua jenis lap ini merupakan lembaran yang memiliki kemampuan anti lengket sehingga mempermudah dalam pembersihan dasar oven. Selain itu permukaannya juga tidak akan menggores permukaan oven.

  • Jangan Menggunakan Benda Tajam

Tips terakhir untuk membersihkan convection oven gas adalah dengan menghindari penggunaan benda tajam dalam proses penghilangan kotoran. Mencungkil kerk atau kotoran yang menempel pada oven bisa menggunakan alat lainnya, jangan pakai alat yang tajam.  Hal tersebut akan menghilangkan lapisan anti lengket pada oven.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *