saveninjavideo

Welcome to my blog!

Inilah 4 Tes Untuk Cek Kesuburan Pria yang Bisa Kamu Coba!

Ilustrasi Cek Kesuburan Pria

Bagi kamu yang sudah menikah selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun namun masih belum memiliki anak, mungkin ada yang bermasalah, baik dari istri kamu maupun kamu sendiri. Bagi kamu yang ingin cek kesuburan pria, mungkin kamu perlu mendatangi rumah sakit terdekat untuk melakukan tes tersebut. Saat ini, ada berbagai macam tes yang bisa kamu lakukan untuk cek kesuburan pria. Tes tersebut di antaranya adalah:

  1. Tes Fisik

Kamu bisa melakukan tes fisik yang dibantu oleh dokter urologi. Dokter urologi adalah dokter  spesialis yang menangani organ ekskresi dalam tubuh pria maupun wanita.

Meski demikian, dokter urologi juga akan memeriksa kondisi tubuh kamu yang memungkinkan terganggunya kesuburan di dalam tubuh. Mulai dari rendahnya hormon testosteron, adanya gangguan, ataupun penyakit lainnya.

  1. Tes Analisis Air Mani

Tes yang satu ini merupakan cara untuk cek kesuburan pria dengan cara memeriksa kualitas sperma yang kamu miliki. Pada tes ini, dokter akan melihat kondisi sperma. Jika ditemukan satu saja kesalahan, maka akan sangat sulit untuk memiliki anak, atau bahkan terjadi madul. Selain sperma, tes ini juga akan memeriksa zat-zat yang terkandung di dalam air mani.

Biasanya, ada beberapa syarat yang harus kamu lakukan sebelum melakukan tes ini. Antara lain tidak berhubungan intim ataupun masturbasi, tidak mengonsumsi alkohol dan kafein, dan lain sebagainya. Selain itu, dokter juga akan bertanya perihal obat-obatan apa saja yang dikonsumsi.

  1. Tes Hormon

Hormon juga berpengaruh dalam kesuburan pria. Oleh karena itu, mungkin memeriksa hormon di dalam tubuh juga tidak ada salahnya.

Biasanya, hormon yang akan diperiksa adalah FSH (Follicle Stimulating Hormone) dan LH (Luteinizing Hormone). Jika hormon kurang, maka akan mempengaruhi kondisi cek kesuburan pria.

  1. Tes Genetik

Tes genetik untuk cek kesuburan pria biasa dilakukan jika ada dua faktor. Yaitu jumlah sperma sangat sedikit atau bahkan tidak ada, ataupun kondisi fisik. Dengan melihat jumlah dan tipe kromosom yang ada di dalam tubuh, maka dapat diidentifikasi dengan jelas penyebab kurangnya kesuburan pria.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *