saveninjavideo

Welcome to my blog!

Waspada! Inilah 5 Penyakit yang Bisa Mengganggu Cek Kesuburan Pria

Ilustrasi Cek Kesuburan Pria

Adanya permasalahan dalam kesuburan pria memang menjadi hal yang menghambat pasangan untuk memiliki seorang anak. Umumnya, hal ini dapat disebabkan karena kondisi fisik pria tersebut. Kondisi seperti usia, gaya hidup, hingga adanya penyakit akan sangat berpengaruh. Sehingga, perlu dilakukan cek kesuburan pria untuk mengetahuinya.

Infertilitas (ketidaksuburan) seorang pria bisa saja terjadi karena kondisi di mana tubuh tidak dapat menghasilkan sperma yang cukup baik ataupun produksi sperma berkurang. Kondisi tersebut dapat terjadi karena adanya beragam faktor seperti adanya gangguan hormon, fisik, dan psikologis.

Berikut ini kami paparkan beberapa penyakit dan gangguan yang dapat mempengaruhi cek kesuburan pria kamu:

  1. Gangguan Tiroid

Tiroid merupakan hormon yang berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh, tak terkecuali pada organ reproduksi pria. Pasalnya, hormon tiroid juga berperan dalam produksi sperma di testis. Maka dari itu, ketika munculnya permasalahan pada hormon tiroid di dalam tubuh, akan ada kemungkinan seorang pria mengalami infertilitas.

  1. Kelainan Genetik

Tentu saja, adanya permasalahan genetik juga dapat mempengaruhi kinerja organ reproduksi pria, sehingga mempengaruhi hasil produksi dan kualitas sperma. Beberapa kelainan genetik yang menyebabkan gangguan kesuburan pria adalah hiperplasia, sindrom Klinefelter, dan sindrom Kallmann.

  1. Penyakit dan Infeksi Organ Reproduksi

Adanya penyakit dan infeksi pada organ reproduksi juga dapat mempengaruhi kualitas sperma. Bahkan, tak jarang beberapa penyakit tersebut akan menjadi sangat berbahaya karena dapat menular melalui hubungan intim. Beberapa penyakit dan infeksi yang dapat mempengaruhi cek kesuburan pria antara lain radang prostat, infeksi saluran kemih, hingga AIDS, dan lain sebagainya.

  1. Efek Samping Obat

Terkadang, ada juga beberapa obat-obatan yang menimbulkan efek samping berupa penurunan kualitas sperma yang berujung pada infertilitas seorang pria. Beberapa obat yang mungkin mempengaruhi kesuburan pria antara lain kortikosteroid, antipsikotik, obat-obatan terlarang, dan lain sebagainya.

  1. Kanker dan Tumor

Beberapa macam penyakit kanker dan tumor dapat mempengaruhi organ reproduksi pria. Bahkan, efek dari kemoterapi juga akan mempengaruhi kualitas sperma, bahkan bisa mengakibatkan kemandulan.

Itulah beberapa penyakit yang dapat menyebabkan gangguan cek kesuburan pria. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan agar tubuh dan organ reproduksi kita tetap sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *