saveninjavideo

Welcome to my blog!

Mengapa Harus Les Privat Matematika?

Ilustrasi Les Privat SD SMP SMA

Mata pelajaran matematika masih menjadi pelajaran yang sulit bagi sebagian besar siswa baik jenjang SD, SMP, maupun SMA. Hal ini wajar karena tidak semua siswa memiliki kecerdasan logika yang dominan sehingga membutuhkan waktu untuk memahami suatu konsep yang ada pada mata pelajaran matematika. Terkadang para orang tua memberikan anaknya les privat SD, SMP dan SMA terkhusus untuk mata pelajaran matematika.

Les privat matematika menyediakan belajar dari tingkat SD, SMP, dan SMA. Bagi siswa sekolah dasar yang menjadi hal penting adalah penguasaan dasar konsep matematika. Maka konsep matematika menjadi konsep realistik yang diajarkan di sekolah. 

Tutor matematika akan memperkuat siswa dalam belajar konsep dasar tadi lalu meningkatkan kemampuan berhitung dengan baik dan benar. Dengan sering latihan soal atau drill soal-soal matematika sangat cocok bagi siswa sekolah dasar karena siswa mudah sekali untuk mengingat dalam bentuk pengulangan. Dalam pemberian materinya, les privat SD, SMP dan SMA disesuaikan dengan masing-masing tingkat. Materi matematika sekolah dasar meliputi bilangan bulat, pecahan, besaran panjang, massa, volume serta konversinya, statistik, bidang datar dan ruang. 

Kemudian untuk les privat matematika pada jenjang SMP mulai ada perubahan dengan materi matematika, dimana siswa SMP diperkenalkan dengan variabel-variabel baru. Namun di awal bab tetap membahas tentang operasi bilangan bulat dan pecahan. Disini siswa akan belajar tentang aljabar, persamaan linear satu hingga dua variabel. Siswa mampu menguasai materi perbandingan sistem pertidaksamaan, fungsi kuadrat, peluang dan bilangan berpangkat. 

Pada jenjang ini siswa mulai mengalami kendala dalam mempelajari dan mengerjakan soal matematika. Karena mulai bertemu dengan konsep matematika yang baru, dan bentuk soalnya pun mulai bervariasi seperti soal cerita, penerapan dll. Setidaknya siswa membutuhkan waktu untuk mencerna dengan baik, serta membutuhkan tentor dalam penyampaian materi atau proses belajar mengajarnya dengan cara yang mudah dipahami siswa.

Pada jenjang SMA, siswa akan diberikan pilihan untuk mengambil jurusan atau program studi, ada jurusan IPA, IPS atau BAHASA. Sehingga materi matematika akan terbagi menjadi dua yaitu matematika dan matematika minat. Pada jenjang SMA, banyak ditemui konsep-konsep baru yang lebih kompleks seperti logaritma, trigonometri, diferensial (turunan) serta aplikasinya. Lalu materi integral, matriks, program linear, vektor serta transformasi geometri. 

Maka dari itu perlu di coba untuk belajar bagaimana cara belajar matematika yang efektif agar hasilnya menjadi maksimal, yaitu dengan les privat matematika. Sebenarnya setiap siswa mempunyai cara belajar masing-masing, tentunya siswa membutuhkan kenyamanan dalam belajar dan belajar yang mudah untuk memahami materi. Tipe belajar siswa ada yang dengan cara visual, auditori dan kinestetik atau bisa juga gabungan diantara ketiganya. 

Les privat matematika akan memberikan kemudahan siswa dalam belajar matematika dari dasar hingga soal limit yang tak terhingga. Tutor akan memberikan pendekatan tersendiri agar mudah dipahami seperti dengan drill soal-soal matematika, bedah rumus, menggunakan cara-cara yang menyenangkan, mempelajari setiap istilah dan definisi, mengaitkan aspek-aspek terdekat dengan matematika serta memberikan trik agar tidak mudah merasa puas. Les privat SD, SMP dan SMA bisa menjadi salah satu solusi dari masalah belajar anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *