saveninjavideo

Welcome to my blog!

Kurikulum International Baccalaureate Vs Cambridge International

Ilustrasi Les Cambridge A Level

Sebelum menentukan untuk mengikuti les cambridge A level, dapat diperhatikan perbedaan antara kurikulum IB dan kurikulum cambridge. Dilihat dari namanya pasti ada perbedaan diantara keduanya. Tidak semua sekolah internasional menerapkan kurikulum IB dan tidak semua sekolah internasional menerapkan kurikulum cambridge. Namun mereka sama sama bertaraf internasional. Berikut perbedaan kurikulum diantara keduanya adalah

  1. Kurikulum IB / International Baccalaureate

Tujuan dari kurikulum IB adalah untuk memberikan dorongan dan gambaran setiap  anak didiknya tentang wawasan global, kreatifitas yang tinggi dan bersosialisasi tinggi. Ada beberapa program pendukung yang dimiliki oleh kurikulum IB sekaligus menjadi tujuannya. 

Primary years programme  : Program tersebut untuk anak pada usia 3 tahun hingga 12 tahun dan diberikan 6 subjek pelajaran meliputi sosial, matematika, sains, seni, karakter individu serta olahraga atau edukasi fisik. 

Middle years programme : untuk anak usia 11 tahun sampai 16 tahun yang mengedepankan akademik yaitu bahasa, individu, matematika, masyarakat, seni, desain, olahraga dan sains

Diploma program : Dimana program tersebut mulai dari anak umur 16 hingga 19 tahun yang dipersiapkan untuk masuk universitas. Nah, disinilah akan terarah seluruhnya dan bisa memilih 6 mata pelajaran yang mereka minati untuk mengambil jurusan ke perkuliahan. Dalam hal ini siswa akan dibebaskan dalam memilih. 

Career related program : program ini akan difokuskan pada karirnya di masa depan. Sekedar informasi bahwa program ini masih diterapkan mulai tahun 2012. Namun, untuk mengikutinya minimal harus mampu menyelesaikan 2 kurikulum pada kurikulum IB. 

  1. Kurikulum cambridge

Kurikulum  ini juga salah satu kurikulum yang digunakan untuk sekolah berbasis internasional.Tujuan dari kurikulum tersebut adalah membuat anak bisa fasih menggunakan bahasa inggris maupun bahasa indonesia. Karena kemampuan bahasa sangat dinilai mempengaruhi mental health pada anak untuk bersaing secara global. Menariknya, kurikulum satu ini yang menjadi rekomendasi dari universitas- universitas terbaik di dunia. Para orangtua yang berencana memberikan pendidikan kepada anaknya dengan kurikulum cambridge biasanya dibantu dengan mendaftarkan sang anak untuk les cambridge A level.

Kurikulum ini dibagi menjadi 4 jenjang yaitu, 

Cambridge primary adalah metode pembelajaran yang dikhususkan pada anak mulai usia 5 tahun sampai 11 tahun.  Tujuan metode pembelajaran ini fokus pada pencapaian di awal seperti bahasa indonesia, matematika, sains, Cambridge global prespektive dan juga ICT. proses pembelajarannya akan menggunakan bahasa inggris 

Cambridge lower secondary yang dikhususkan anak usia 11 sampai 14 tahun yang dimana tujuannya untuk mengembangkan keterampilan. 

Cambridge upper secondary yang dimulai pada usia 14-16 tahun. Ini merupakan program lanjutan yang tidak wajib bagi siswa. 

Cambridge advanced. Nah, metode ini yang digunakan untuk mempersiapkan anak ke universitas yang akan dipilih dimulai dari usia 16-19 tahun. Hal ini juga bisa didapatkan pada les cambridge jika anda bukan lulusan dari sekolah dengan kurikulum cambridge.

Perbedaan kurikulum yang paling signifikan adalah kurikulum IB yang sangat berfokus pada pengembangan motorik atau observasi dan praktek pada kegiatan sehari hari. Sedangkan cambridge lebih terfokus pada kemampuan akademiknya. 

Sehingga jika anda lebih prefer ke kurikulum cambridge namun belum terlaksana segeralah untuk mendaftar pada les cambridge A level terdekat untuk meningkatkan kualitas akademis anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *