saveninjavideo

Welcome to my blog!

Perbedaan Bimbel Online dengan Bimbel Offline Perlu Diketahui

Ilustrasi Bimbel Online

Memasukan anak ke bimbingan belajar atau bimbel tentunya tidak boleh asal-asalan. Sebab jika tidak cocok maka malah bisa membuat proses belajar anak tidak fokus. Sekarang ini juga makin banyak bimbel online. Dengan adanya bimbel secara online bisa saja membuat orang tua makin bingung harus menggunakan bimbel online atau bimbel offline. Agar tidak bingung, ketahui terlebih dahulu tentang perbedaan keduanya dengan simak ulasan berikut ini.

  1. Lokasi 

Perbedaan pertama adalah lokasi. Untuk bimbel secara offline atau konvensional mengharuskan para siswa atau peserta bimbingan belajar untuk ke tempat bimbel, atau malah pengajaran yang harus datang ke tempat siswa.

 Ini jelas berbeda dengan bimbel secara online, untuk masalah tempat bimbel secara online bisa dikatakan lebih fleksibel karena siswa bisa belajar di mana saja bahkan di rumah tanpa harus tatap muka secara langsung dengan pengajar. Yang terpenting adalah memiliki koneksi internet agar bisa tersambung atau mengoperasikan aplikasi bimbel online terbaik. 

  1. Waktu 

Waktu belajar secara online pun tergolong lebih fleksibel. Sebab para peserta bisa kapan saja melakukan proses belajar secara online, bisa pagi hari, saat siang, sore, dan bahkan malam. Tentunya bimbel konvensional tidak akan sefleksibel bimbingan belajar online, sebab bimbel konvensional memiliki jadwal tetap dan durasinya pun harus sesuai kesepakatan yang sudah disepakati kedua belah pihak. 

  1. Biaya 

Untuk masalah biaya, lagi-lagi para pengguna bimbel secara online akan lebih diuntungkan. Sebab sekarang ini ada cukup banyak bimbel online yang mematok harga mudah dan tak jarang ada bimbel bimbel online gratis. Jika berlangganan maka anda selaku orang tua hanya perlu membayar biaya langganan aplikasi bimbel dan membeli kuota internet yang sebulan biasanya di bawah 100 ribu rupiah bahkan ada yang dibawah 50 ribu.

Sedangkan untuk bimbel offline, selain biaya langganan, para orang tua juga harus menyiapkan biaya transportasi, dan uang saku untuk anak. Jadi bisa dibilang bimbel secara online tergolong lebih murah dibandingkan bimbel offline. 

  1. Interaksi Sosial

Bimbel secara online memang akan membuat interaksi anak lebih sedikit, sebab anak hanya akan fokus untuk melihat gawai atau smartphone mereka selama belajar, dan bimbel online pun bisa dilakukan di rumah sehingga makin sedikit juga interaksi anak kepada lingkungan sekitar. 

Sedangkan bimbel offline bisa membuat anak berinteraksi secara langsung kepada pengejaran dan siswa lainnya. Berinteraksi pun menjadi hal penting yang harus dilakukan anak-anak, sebab ini bisa memperluas jangkauan pertemanan anak. 

Itulah beberapa perbedaan dari bimbel online dengan bimbel offline. Jadi maka yang lebih baik? Semua itu bergantung kepada kebutuhan anak, dan pastinya sesuai dengan anggaran yang anda miliki. Ada baiknya juga untuk menanyakan anak lebih tertarik dengan bimbel offline atau online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *