saveninjavideo

Welcome to my blog!

Ini Dia Cara Menyenangkan Dalam Belajar Fisika

Ilustrasi Kursus Fisika

Banyak sekali siswa yang memiliki mindset bahwa belajar fisika itu sulit. Oleh sebab itu, banyak yang tidak menyukainya bahkan membenci pelajaran satu ini. Padahal Anda bisa mencari cara lain untuk bisa mendapatkan pemahaman baru selain di sekolah, seperti mengikuti kursus fisika. Bagaimana cara menyenangkan dalam belajar fisika?

Banyak Bertanya Pada Guru

Saat menerima pelajaran fisika di sekolah, setelah guru menjelaskan  sering sekali siswa diberi kesempatan untuk bertanya hal yang belum dimengerti. Nah, jangan lewatkan kesempatan ini jika memang merasa belum memahami materi. Materi fisika memang terkadang berisi banyak teori, rumus bahkan menggabungkan rumus yang membuat banyak anak merasa kesulitan. Oleh karena itu, manfaatkan waktu tersebut untuk bertanya pada guru. 

Mengingat Rumus Fisika Secara Menyenangkan

Hampir sama dengan mata pelajaran kimia, fisika juga terkenal memiliki banyak rumus. Dalam setiap materi bakal ada banyak rumus yang harus diketahui siswa. Tapi ingat, menghafal rumus bukanlah hal mudah dan solusi yang efektif. Alih-alih sambil menghafal, coba untuk mengingat konsepnya agar tidak merasa terlalu terbebani. Bagaimana cara menarik menghafal rumus? Untuk menyiasatinya coba buat rumus fisika seperti lirik lagu, singkatan yang unik, jembatan keledai dan lain-lain. 

Coba untuk mengingat rumus utamanya lebih dulu, baru mengarah pada rumus turunannya. Dengan begitu, rumus akan lebih mudah diingat dan membuat Anda tidak gampang lupa. Saat mengikuti kursus fisika, metode tersebut sering kali digunakan untuk meningkatkan pemahaman anak bimbingannya terhadap materi tertentu, apalagi yang dianggap sulit. 

Menciptakan Kelompok Belajar

Cara menyenangkan selanjutnya dalam belajar fisika yaitu dengan membentuk kelompok belajar. Dengan belajar berkelompok, biasanya anak-anak akan merasa lebih semangat dan bisa bekerja sama dengan baik. Bahkan dengan adanya kelompok belajar, siswa akan lebih leluasa saat ingin mengeluarkan pendapat yang ada di pikirannya. Mungkin inilah sebabnya saat belajar di sekolah sering kali dibentuk kelompok-kelompok kecil untuk memecahkan permasalahan tertentu. 

Mengikuti Kursus atau Bisa Secara Privat

Selain dengan menerapkan belajar kelompok, cara berikutnya untuk membuat belajar fisika yang menyenangkan yaitu mengikuti kursus fisika. Beberapa anak memang lebih suka belajar dalam suasana keheningan tanpa ada interupsi dari orang lain, bisa juga mengambil les privat di rumah. Biasanya pengajar juga tergolong orang yang profesional dan bisa membuat pemahaman Anda lebih meningkat, jadi jangan takut rugi untuk mengeluarkan uang mengikuti les tambahan. 

Nah itu dia beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menciptakan suasana belajar fisika lebih menyenangkan. Yang terpenting, dari sekarang ubah dulu mindset bahwa fisika sulit dipelajari dan itu wajar. Percayalah, jika Anda memiliki kemauan kuat untuk terus belajar dan berlatih, maka fisika akan sangat gampang. Tidak menutup kemungkinan bahwa suatu hari Anda yang awalnya tidak menyukai fisika sama sekali, malah tertarik dan menekuni bidang tersebut. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *