saveninjavideo

Welcome to my blog!

Alat Test Kesuburan Dan Cara Penggunaannya

Ilustrasi Cara Menggunakan Tespek Kesuburan

Cara Menggunakan Tespek Kesuburan – Setiap pasangan pasti menginginkan buah hati dalam pernikahan mereka. Diibaratkan agak sedikit hambar, jika pernikahan tidak dikaruniai anak. Oleh sebab itu banyak pasangan yang mengupayakan berbagai macam cara untuk mengetahui tingkat kesuburan. Terutama bagi wanita.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan dengan rutin yaitu melakukan cek kesuburan dengan menggunakan tespek. Sebelum Anda melakukan tes kesuburan, lebih dianjurkan agar tidak konsumsi segala jenis cairan terlebih dahulu karena mempengaruhi keakuratan  hasil pengujian kesuburan.

Berikut cara menggunakan tespek kesuburan dan fungsinya :

  • Ovulation test pack

Alat yang tergolong mudah untuk digunakan, cukup teteskan sampel urine anda ke alat tersebut. Cara kerja alat tes kesuburan ini yaitu dengan mendeteksi perubahan luteinizing hormone (LH) dalam urine.

Jika produksi hormon LH mengalami peningkatan, berarti masa ovulasi akan segera tiba dan itu menandakan waktu yang tepat bagi anda dan pasangan untuk melakukan hubungan intim. Alat ini mempunyai tingkat keakurasian 99 persen, jadi sangat efektif untuk dijadikan patokan kapan waktu yang tepat bagi anda dan pasangan dalam berhubungan intim untuk menghasilkan keturunan.

Walaupun alat ini dikenal akurat, namun alat ini tidak dapat digunakan pada wanita yang mengalami sindrom ovarium polikistik (PCOS) atau  Luteinized Unrupured Follicle Syndrome (LUFS), karena kondisi tersebut memengaruhi hormon LH.

  • Pengukuran suhu basal

Bisa juga  dengan melakukan pengukuran suhu basal tubuh (Basal Body Temperature/BBT) untuk menentukan masa ovulasi. Suhu basal adalah suhu tubuh saat beristirahat. Pengukuran suhu basal tergolong mudah, cukup dengan menggunakan termometer yang telah dilengkapi pengukur khusus suhu basal tubuh.

Lakukan saat anda bangun tidur di pagi hari, suhu badan normal wanita yang tidak sedang berovulasi di kisaran  36,2 sampai 36,5 derajat Celcius. Akan tetapi setelah tubuh mengalami ovulasi, suhu tubuh akan meningkat di kisaran 0,5 sampai 1 derajat Celcius. Ini terjadi dikarenakan indung telur yang mengeluarkan hormon progesteron menaikkan suhu tubuh.

Untuk mendapat tingkat akurasi yang baik disarankan pengukuran suhu tubuh basal dilakukan setiap hari dalam siklus menstruasi penuh, di hari pertama anda mengalami haid hingga hari pertama haid selanjutnya.

Demikianlah cara menggunakan tespek kesuburan berikut dengan alat-alat tes kesuburan yang diperlukan. Mudah-mudahan dapat membantu dalam upaya mewujudkan impian anda untuk memiliki buah hati secepatnya. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *