saveninjavideo

Welcome to my blog!

Cara Menggunakan Tespek Kesuburan, Metode Terbaik Untuk Mendeteksi Ovulasi

Ilustrasi Cara Menggunakan Tespek Kesuburan

Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengecek masa ovulasi seorang wanita. Mulai dari cara alami seperti menghitung suhu basal tubuh, menggunakan kalender, menghitung lewat kalkulator ovulasi, hingga teknik mutakhir dengan cara menggunakan tespek kesuburan

Untuk hal yang terakhir disebutkan, tampaknya belum banyak orang yang mengetahui bahwa alat tersebut dapat memberi hasil yang paling akurat diantara yang lainnya. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang hal ini, anda bisa menyimak artikel berikut hingga tuntas. 

Berbagai cara mengecek masa subur

Mengetahui masa subur wanita sangatlah penting kala pasangan berencana menambah atau menunda hadirnya momongan. Dengan mengetahui masa-masa subur wanita, pasangan dapat menentukan waktu yang tepat untuk berhubungan.

Penentuan masa subur sejatinya telah diketahui orang-orang sejak zaman dahulu kala. Sebelum terciptanya alat tespek kesuburan, orang-orang melakukan cek kesuburan wanita dengan menggunakan kalender ovulasi. 

Dengannya, seseorang biasanya akan mendapati masa subur mereka dalam rentang waktu 12 hingga 16 hari sebelum menstruasi hari pertama. Kendati demikian, penggunaan kalender kesuburan ini tidak bisa sepenuhnya dibilang akurat.

Mengapa demikian? Sebab, siklus menstruasi kaum wanita tidak selalu sama di setiap periodenya. Dari semula 30 hari, siklus tersebut bisa berubah menjadi 29 hari atau sebaliknya.

Hal yang sama berlaku kala menggunakan kalkulator ovulasi. Pada dasarnya, alat tes kesuburan wanita yang satu ini juga menggunakan kalender masa subur sebagai basis penghitungan. Karenanya, metode ini pun hanya akan akurat pada mereka yang memiliki siklus menstruasi teratur.

Pun demikian dengan cara alami seperti penghitungan suhu basal tubuh. Hasil penghitungan suhu bisa jadi tidak akurat karena dipengaruhi oleh suhu lingkungan sekitar. Selain itu, penghitungan suhu basal yang hanya dapat dilakukan di pagi hari kala baru bangun tidur tentu dirasa amat merepotkan bagi sebagian orang.

Adapun dengan cara menggunakan tespek kesuburan, seseorang dapat mendapatkan informasi akurat tentang masa ovulasi secara cepat, akurat, dan praktis.

Kelebihan menggunakan alat tespek kesuburan

Alat tespek kesuburan dapat mendeteksi masa ovulasi dengan mengecek kadar Luteinizing Hormone (LH) yang ada dalam tubuh. Ketika masa subur akan terjadi, kadar LH dalam tubuh akan meningkat, yang biasa disebut dengan kondisi LH surge.

Karena pengecekan dilakukan langsung melalui hormon dalam tubuh, maka hasil yang didapat pun akan lebih akurat ketimbang berbagai cara lainnya. 

Mengecek kadar hormon dengan alat ini dilakukan dengan dengan mencelupkannya ke dalam urin. Hasil tes yang ada bisa diketahui dalam kurun waktu sekitar 5 menit saja. Proses pengecekan pun terbilang praktis dan mudah, sebab bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. 

Dengan segala kelebihannya, pengecekan ovulasi dengan cara menggunakan tespek kesuburan bisa dibilang sebagai metode terbaik dalam mengetahui masa subur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *