saveninjavideo

Welcome to my blog!

Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Mencetak Buku Tahunan

Ilustrasi Cetak Buku Tahunan Murah

Apa anda ingin cetak buku tahunan murah untuk sekolah, tetapi bingung bagaimana cara untuk memulainya? Mengingat Buku tahunan sekolah dikatakan sebagai salah satu hal yang penting saat anda telah menginjak tahun terakhir di sekolah, dan dalam buku tahunan itu terdapat banyak kenangan semasa sekolah yang suatu saat bisa dibuka kembali dimasa depan

Maka dari itu, perencanaan cetak tersebut juga harus dilakukan dengan maksimal. Berikut inilah beberapa ulasan tips untuk mencetak buku tahunan yang perlu anda persiapkan dengan matang.

  1. Menyiapkan Model Desain

Hal penting pertama saat menyusun buku tahunan adalah dengan membuat desain untuk isi buku yang kece serta kekinian. Tentunya anda pasti pernah melihat buku tahunan yang keren kan? Anda bisa juga membuat seperti itu. 

Mengingat ada beragam inspirasi di internet yang bisa anda manfaatkan.

  1. Menentukan Ukuran Cetak Buku

Setelah desainnya sudah siap, sekarang anda bisa lanjut ke proses cetak buku tahunan murah tersebut. Tapi, sebelum itu jangan lupa untuk menentukan dahulu ukuran untuk mencetak bukunya.

Ukuran sekitar kertas A4 adalah salah satu ukuran yang paling sering dipakai. Namun, jika anda memang ingin menghendaki buku tahunan itu bisa mudah dibawa serta disimpan, anda dapat memilih untuk menggunakan ukuran A5.

  1. Menentukan Model Cover Buku Setelahnya anda bisa menentukan apakah cover tersebut lebih baik dicetak secara soft atau hard cover. Tentunya Keduanya mempunyai beberapa kelebihan serta kekurangannya sendiri.

Soft cover akan terasa lebih tipis serta rentan rusak, tetapi memang proses membuatnya bisa lebih cepat. Lalu hard cover akan lebih terasa kaku dan keras dengan proses cetak buku yang lebih lama, walaupun memang akan lebih awet.

  1. Menentukan Jenis Kertas

Kertas yang akan digunakan saat cetak buku tahunan juga bisa mempengaruhi tampilan dari buku tahunan tersebut. Jenis kertas yang biasanya digunakan adalah berjenis art paper spai matt paper.

Tapi anda juga dapat berkreasi sendiri dan memilih kertas jenis lain, misalnya book paper, karton, HVS dan model lainnya.

  1. Menentukan Jenis Binding Buku

Binding atau penjilidan adalah sebuah proses yang dilakukan untuk menyatukan isi dari lembaran buku menjadi satu buku yang utuh. Jenis penjilidan yang sering dipakai yaitu jilid spiral dan lem, anda pun bisa memilih salah satu sesuai yang diinginkan 

  1. Menentukan Tempat Jasa Percetakan

Jika anda telah menyelesaikan beberapa hal sebelumnya, anda pun perlu menentukan jasa percetakan terbaik agar menghasilkan kualitas buku yang bagus.

Jasa cetak buku tahunan murah sendiri sudah bisa anda temukan dimanapun secara langsung atau online. Tinggal anda yang memilih mau mencetak dimana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *