saveninjavideo

Welcome to my blog!

Pengertian Dan Manfaat Masa Subur

Ilustrasi Cara Menggunakan Tespek Kesuburan

Setiap pasangan yang sudah menikah,  pastinya membutuhkan tespek kesuburan. Hal ini karena dengan tespek inilah nanti bisa mengetahui kapan masa subur sedang terjadi. Cara menggunakan tespek kesuburan juga terbilang mudah Berikut ini adalah penjelasannya.

Pengertian Masa Subur

Setiap pasangan suami istri pastinya ada rencana untuk memiliki anak.  Ada banyak pasangan yang menjalankan program kehamilan untuk mengetahui kapan harus hamil dan kapan bisa menunda kehamilan. Namun sayangnya tidak semua pasangan bisa mendapatkan kehamilan dengan mudah.

Ada kalanya pasangan mengalami kesulitan hamil.  Namun tak perlu khawatir karena secara medis sebenarnya ada solusinya.  Dimana salah satunya adalah dengan mengetahui masa subur.

Apa itu masa subur? Masa subur khususnya pada wanita merupakan siklus haid yang terjadi pada wanita. Secara umum siklus ini akan terjadi setiap bulan sekali. Walaupun memang ada beberapa wanita yang mengalami siklus haid yang tidak teratur,  dimana terkadang bisa terlambat atau bahkan bisa maju dari tanggal biasanya.

Namun yang perlu diketahui adalah dimana masa subur ini kira – kira berlangsung sekitar hari ke 8 sampai 9 setelah haid pertama selesai.  Dan tahukah anda bahwa selama wanita berada dalam masa subur ini, maka di situlah terjadi proses pelepasan sel telur yang berasal dari ovarium menuju ke rahim. Proses inilah yang disebut dengan masa ovulasi.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui kapan masa subur tersebut berlangsung.  Salah satunya yaitu dengan menggunakan sistem kalender. Artinya anda harus menghitung secara manual berdasarkan jadwal menstruasi.

Namun jika anda termasuk orang yang memiliki siklus haid yang tidak teratur,  tentunya akan sedikit kesulitan untuk menggunakan metode kalender ini.  Sehingga cara termudah dan terpraktis dalam mengetahui masa ovulasi atau masa subur adalah dengan cara menggunakan tespek kesuburan.

Manfaat Mengetahui Masa Subur

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa tespek kesuburan merupakan solusi terbaik untuk menentukan masa subur berlangsung. Namun pastinya ada banyak pertanyaan mengapa pasangan suami istri harus melakukan tes kesuburan ini.

Sebenarnya sangatlah sederhana.  Setiap pasangan suami istri pastikan akan merencanakan kehamilan.  Di sinilah biasanya akan menjalani program kehamilan.

Dan salah satu cara untuk memperbesar peluang terjadinya kehamilan adalah dengan cara mengetahui masa subur. Karena ketika berhubungan intim pada saat masa subur sedang berlangsung,  maka secara otomatis peluang hamil akan lebih besar.

Sebaliknya,  jika anda dan pasangan berencana untuk menunda kehamilan karena suatu alasan maka tak perlu harus selalu melakukan KB.  Anda bisa menjalani KB alami yaitu dengan cara mengetahui masa subur. Mengetahtui masa subur juga bisa dilakukan dengan cara menggunakan tespek kesuburan.

Lakukan hubungan intim dengan pasangan di luar masa subur  tersebut.  Tujuannya adalah untuk memperkecil peluang terjadinya kehamilan.

Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai apa itu masa subur dan mengapa harus menggunakan tespek kesuburan. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *