saveninjavideo

Welcome to my blog!

Kesalahan yang Sering Terjadi Pada Saat Membeli Rumah di Lingkungan Perumahan

Ilustrasi Kredit Perumahan

Melakukan pembelian atau kredit perumahan memang harus dilakukan sangat hati – hati dan sebisa mungkin jangan membuat kesalahan, mengingat dalam melakukan pembelian rumah tersebut dapat menjadi sebuah transaksi terbesar sepanjang hidup. Oleh sebab itu harus mengetahui cara pembelian rumah di perumahan yang tepat. 

Kesalahan dalam Pembelian Rumah yang Harus Dihindari 

Ada beberapa kesalahan yang sering sekali terjadi dan dilakukan seseorang di saat melakukan pembelian rumah baik itu dengan menggunakan sistem cicilan rumah KPR atau kontan. Kali ini kita akan memberikan Anda beberapa ulasan yang berkaitan dengan kesalahan yang sering sekali dilakukan di saat membeli rumah tersebut, sehingga nanti dapat Anda jadikan pedoman untuk mendapatkan rumah impian yang terbaik. 

Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang paling sering terjadi pada saat melakukan transaksi ketika membeli kredit perumahan dengan cara KPR :

1.Memaksakan Diri dalam Membeli Rumah

Pastikan bila Anda melakukan pembelian rumah karena memang sudah mampu, kesalahan yang paling sering dilakukan adalah terlalu memaksakan diri ketika melakukan pembelian rumah. Membeli rumah ini memang menjadi langkah yang terbesar di dalam hidup, memastikan segala sesuatunya memang sudah matang dan juga tidak terlalu memaksakan. 

Jangan hanya terlalu memikirkan proses pelunasan rumahnya saja tetapi juga perawatan rumah dengan jangka waktu yang panjang. Jika Anda ingin mengambil cicilan, pastikan sudah mempunyai dana yang cukup aman untuk melakukan proses tersebut. Penting juga untuk selalu memperhatikan dari segi finansial properti dengan baik, jika masih mempunyai kesiapan yang masih belum terlalu matang, lebih baik menundanya terlebih dahulu agar terhindar dari berbagai kesalahan pada saat pembelian. 

  1. Menabung Hanya Digunakan untuk Uang Muka

Pastikan bila Anda sudah mempunyai dana yang bukan hanya sekedar cukup untuk uang mukanya saja tetapi juga beli rumah KPR. Hal yang nantinya harus diperhatikan juga adalah biaya untuk cicilan beserta kebutuhan yang lainnya. Terutama bila nantinya rumah yang Anda miliki membutuhkan yang namanya renovasi, perhatikan kondisi keuangan sebelum melakukan pembelian rumah menjadi salah satu langkah yang terpenting sehingga nantinya tidak terjadi kesalahan. 

  1. Mengambil KPR dengan Jangka Waktu yang Singkat

Jika Anda sudah memutuskan untuk membeli rumah dengan memakai sistem KPR dengan tenor yang singkat, bukan menjadi sebuah keputusan yang paling tepat. Lebih baik bila mengambil tenor yang panjang sehingga dapat mengatur keuangan untuk kebutuhan yang lainnya, seperti biaya sekolah anak, renovasi rumah, melakukan pembelian mobil dll. 

Anda juga bisa memilih kredit perumahan yang akan memberikan uang muka rendah, sehingga nanti masih dapat mengalokasikan sisa uang ke dalam kebutuhan yang lainnya. Namun semua itu pastinya akan kembali lagi ke dalam kemampuan finansial yang Anda miliki, semakin lama tenor cicilan KPR maka semakin besar pula bunga yang akan diberikan, kesalahan dalam membeli rumah yang satu ini paling sering terjadi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *