saveninjavideo

Welcome to my blog!

Memahami Fungsi Hormon LH dan Hormon FSH bagi Tubuh Wanita

Ilustrasi Fungsi Hormon Reproduksi

Luteinizing hormone dan follicle-stimulating hormone yang dinamakan gonadotropin, sebab mendorong gonad – pada testis dan ovarium. Mereka tidak diperlukan untuk hidup, namun berharga dalam reproduksi. Kedua hormon disekresikan dari sel-sel di hipofisis anterior dinamakan gonadotrof. Kebanyakan gonadotrof sekadar memproduksi LH atau FSH, tetapi sebagian tampak demi menghasilkan kedua hormon ini. Berikut fungsi hormon reproduksi Luteinizing dan hormon FSH pada wanita.

Fungsi Hormon Luteinizing dan Hormon FSH Pada Wanita

Berikut ini penjelasan mengenai fungsi Hormon reproduksi Luteinizing dan FSH untuk wanita yang wajib Anda pahami.

1. Memantau Masa Menstruasi

Bila masa menstruasi normal, di hari pertama nanti mengalami penambahan konsentrasi LH dan FSH, yang di mana kadar FSH terjadi penambahan dengan singkat daripada dengan hormon LH. Kedua hormon itu memperoleh klimaks di saat tahap folikular dan nanti terjadi penurunan hingga kadar rendah, yakni tahap preovulasi.

2. Memantau Basal Gonadotropin

Jikalau mengalami sekresi LH dan FSH yang dipantau oleh GnRH yang merupakan pusat memantau masa ovulasi dan masa pubertas di setiap pribadi. Di sisi lain, hal itu juga menjadi pusat pemantauan untuk gonadotropin.

3. Memantau Terjadinya Ovulasi

Ovulasi merupakan pelepasan sel telur yang dijalankan oleh indung telur. Di masa itu, Gonadotropin Realising Hormone (GnRH) nanti menjalankan fungsinya agar merangsang hormon LH dan FSHr untuk mampu melakukan dorongan pada pengeluaran hormon sterogen dan progesteron.

Hormon FSH berfungsi agar menstimulasi ovulasi dan mendorong folkel untuk mampu memproduksi hormon seterogen, yang mana hormon FSH merupakan hormon yang bisa memicu terjadinya cumulus ekspansi, yaitu perubahan folkel ovarium di fase pre-ovulasi lebih tepatnya di tahap folkular masa menstruasi.

Sementara itu, fungsi hormon reproduksi LH berproses agar dapat mendorong korpus liteum untuk memproduksi hormon progesteron dan menstimulasi terjadinya ovulasi. Sejenak sebelum mengalami ovulasi kadar hormon LH nanti bertambah dengan intens di dalam darah dan urine. Fungsi hormon Luteinizing hormone ini nanti mendorong pelepasan sel telur yang sudah matang di ovarium menuju tuba falopi agar terjadi proses pembuahan.

Pengaruh Kadar Hormon LH Dan FSH Sangat Tinggi Untuk Wanita

Supaya selalu berproses sesuai dengan Fungsi Hormon reproduksi Luteinizing dan FSH, maka kedua hormon ini perlu mempunyai kadar yang tepat di tubuh Anda. Soalnya, bila kedua kadar hormon terlampau tinggi, maka dicemaskan keduanya tidak berproses sebagaimana mestinya.

Pengaruh Kadar Hormon LH Dan FSH Sangat Rendah Untuk Wanita

Terutama di tubuh wanita, kedua hormon ini mempunyai fungsi berharga dalam reproduksi. Sehingga tidak menutup peluang, jika mengalami kemandulan pada wanita. Hal tersebut dikarenakan oleh sejumlah keadaan, contohnya hipotalamus dan berat badan di bawah ideal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *