saveninjavideo

Welcome to my blog!

Selain Menggunakan Tespek Kesuburan, Inilah 2 Cara Lain yang Bisa Digunakan!

Ilustrasi Cara Menggunakan Tespek Kesuburan

Untuk para pejuang garis dua, pasti kehadiran masa subur adalah hal yang selalu dinanti-nanti demi kelancaran program yang sedang dijalani. Dalam hal ini, tespek kesuburan pasti memiliki peranan yang sangat penting dan enggan diabaikan keberadaannya. Padahal, selain cara menggunakan tespek kesuburan ada cara lain yang bisa digunakan untuk mengetahui masa subur wanita. Apa saja? Ini dia jawabannya!

  1. Menggunakan Ovulation test pack

Cara mengetahui masa subur wanita yang pertama adalah melalui tespek kesuburan dengan menggunakan sampel urin. Melalui alat ini, Anda hanya perlu meneteskan urin pada lubang uji yang telah disediakan. Alat ini akan bekerja dengan cara mendeteksi perubahan hormon LH (luteinzing hormone) yang terdapat di dalam urin.

Jika hasil yang didapat melalui alat uji ini positif maka, Anda sedang dalam masa ovulasi. Anda harus segera merencanakan jadwal untuk berhubungan seks dengan pasangan. Kenapa? Saat wanita sedang dalam masa ovulasi, peluang kehamilan yang didapat akan jauh lebih besar.

  1. Melalui Suhu Basal

Selain menggunakan alat tespek kesuburan, cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui masa subur wanita adalah dengan menggunakan suhu basal tubuh. Apa itu? Suhu basal merupakan suhu tubuh pada saat manusia sedang dalam keadaan beristirahat. Pengukuran suhu ini dapat dilakukan menggunakan termometer yang telah dilengkapi dengan pengukur khusus.

Penggunaan termometer tepatnya adalah pada waktu pagi hari. Dalam keadaan normal suhu wanita yang sedang tidak pada masa ovulasi adalah 36,2 derajat s/d 36,5 derajat Celsius. Ketika sedang dalam masa ovulasi, suhu tubuh wanita akan meningkat 1,5 derajat s/d 1 derajat Celsius.

Peningkatan tersebut disebabkan oleh hormon progesteron. Agar hasil yang didapat bisa akurat, lakukan pengukuran suhu ketika sedang dalam siklus menstruasi penuh. Pengukuran dapat dilakukan sejak hari ke-1 haid sampai hari ke-1 haid selanjutnya.

  1. Melihat Perubahan Lendir Serviks

Selain cara menggunakan tespek kesuburan wanita, Anda juga dapat memanfaatkan keberadaan lendir serviks. Kondisi lendir seketika akan berubah jika sel telur yang dihasilkan oleh wanita mulai dilepaskan.  Perubahan keadaan lendir tersebut dipengaruhi oleh hormon yang ikut mengatur proses terjadinya ovulasi. Perubahan lendir ini dapat dilihat melalui tekstur dan warnanya.

Umumnya, lendir serviks yang sel telurnya sudah siap untuk dibuahi akan memiliki tekstur yang lebih elastis, warna yang lebih transparan, dan licin. Pemeriksaan dapat dilakukan beberapa kali dalam 1 hari. Namun, apabila Anda tidak menemui lendir serviks di sekitar vagina, berarti saat itu Anda sedang tidak dalam masa subur.

Nah, itulah informasi seputar cara mengetahui masa subur wanita selain cara menggunakan tespek kesuburan. Jika tanda-tanda masa subur sudah terlihat, jangan lupa untuk segera membuat jadwal berhubungan seks dengan pasangan. Agar, program hamil yang sedang jalankan bisa segera berhasil dan Anda akan segera mendapatkan momongan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *