saveninjavideo

Welcome to my blog!

4 Keunggulan Floordeck Untuk Konstruksi Bangunan

Ilustrasi Floordeck

Floordeck atau sering disebut dengan metal deck dan bondek adalah baja ringan yang memiliki karakteristik unik dengan bentuk profil yang dalam. Material tersebut berfungsi untuk menahan geser dan menambah daya kapasitas profil tersebut. Bondek dapat dipasang untuk pelat lantai beton komposit pada struktur baja maupun beton.

Metal deck memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai tulangan positif, bekisting, lantai kerja, dan langit-langit atau plafon. Ukuran lebar metal deck biasanya adalah 87-90 cm sesuai dengan merek produknya. Material ini memiliki sistem penguncian antar profil yang bagus atau sering disebut sistem sambungan samping. Penggunaan rivet atau fastener akan membantu mengunci sambungan lebih baik.

Metal deck menjadi salah satu teknologi konstruksi yang berhasil mengubah baja tulangan pada tulangan pokok di serat bawah. Kehadiran material ini sangat menguntungkan dari segi kecepatan produksi. Pemakaian metal deck juga menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan beton konvensional dengan bekisting kayu atau multipleks yaitu sebagai berikut.

Mengurangi Kebutuhan Volume Beton

Desain ukuran floordeck akan mengurangi kebutuhan volume beton karena memiliki ketebalan pelat lantai yang sama. Hal ini juga akan mengurangi kebutuhan volume besi tulangan karena material ini dapat berfungsi sebagai tulangan. Jadi konstruksi hanya memerlukan satu lapis besi tulangan.

Proses Instalasi Cepat dan Mudah

Metal deck memerlukan proses pemasangan yang cepat dan mudah. Jadi total durasi proyek akan lebih cepat karena tidak perlu membongkar lagi seperti pemakaian bekisting konvensional kayu dan multipleks.

Lebih Ringan

Metal deck memiliki profil yang ringan sehingga dapat memudahkan proses transportasi. Material tersebut dapat diproduksi sesuai dengan ukuran yang diinginkan dan berat floordeck hanya sekitar 32 kg sehingga lebih mudah diangkat.

Biaya Lebih Ekonomis

Dengan kebutuhan yang lebih sedikit, total biaya yang dihabiskan untuk konstruksi juga dapat dihemat karena volume beton sedikit dan pembesian tulangan hanya memerlukan satu lapis.

Demikian beberapa keunggulan penggunaan metal deck. Dengan keunggulan yang dimilikinya, tidak heran jika floordeck saat ini semakin diminati untuk konstruksi berbagai tipe bangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *