saveninjavideo

Welcome to my blog!

Pahami Peran Otoritas Jasa Keuangan dalam Bisnis Bank

rumah dimalam hari

Peran otoritas jasa keuangan dalam bank mempunyai peranan penting. Otoritas Jasa Keuangan atau OJK memiliki peran penting di dalam kegiatan jasa keuangan. OJK nantinya melakukan pengawasan secara akuntabel dan independen. Adanya peran OJK dalam pengaturan dan pengawasan di dalam bisnis bank memang luas dikarenakan meliputi pengawasan dan pengaturan bank tersebut.

Melakukan pengawasan pada pihak bank

Salah satu peran terbesar OJK di dalam bidang sektor bisnis bank adalah dapat melakukan pengawasan dan pengaturan untuk semua kegiatan usaha yang terkait dengan proses perbankan. Wewenang OJK sudah tertuang di dalam pasal 7 UU OJK yaitu dapat menetapkan pengaturan sesuai standar serta melakukan pengawasan. Proses pengaturan dan pengawasan tersebut berkaitan tentang perizinan untuk mendirikan sebuah bank, rencana kerja, izin untuk membuka bank, SDM, pencabutan izin bank, dan masih banyak lainnya. Anda bisa simak peran otoritas jasa keuangan untuk menambah wawasan anda.

Untuk kegiatan usaha bank sendiri terdiri dari sumber dana, penyediaan dana, dan berbagai aktivitas di bidang jasa. OJK di dalam bisnis bank dapat melakukan pengaturan dan pengawasan terkait aktivitas bank seperti:

  • Adanya laporan bank terkait dengan performa bank tersebut
  • Sistem informasi terkait debitur
  • Adanya proses pengajuan kredit
  • Regulasi standar untuk akuntansi bank
  • Kualitas aset, solvabilitas, batas maksimum pemberian kredit, rasio pinjaman pada simpanan, dll.

Di dalam pasal yang sama, OJK juga mempunyai wewenang yang berkaitan dengan pengaturan dan pelaksanaan untuk proses pengawasan terkait dengan tata kelola bank, pencegahan kejahatan perbankan, manajemen risiko dan adanya pemeriksaan bank.

Memberikan izin untuk mendirikan bank

OJK mempunyai wewenang untuk memberikan izin dalam mendirikan bank dan pembukaan untuk kantor bank yang baru, wewenang tersebut sebelumnya berasal dari wewenang BI. Namun OJK juga mempunyai wewenang dalam memberikan izin mendirikan bank dan mencabut izin bank tersebut.

Bisa memperkuat adanya jasa keuangan

Adanya OJK di Indonesia sendiri mempunyai peran sangat penting dalam membantu menguatkan adanya jasa keuangan sehingga adanya sistem pengawasan keuangan pada pihak bank. Itulah sedikit informasi tentang peran otoritas jasa keuangan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *