saveninjavideo

Welcome to my blog!

Tips Memasang Multiroof Pasir di Atap Rumah

Ilustrasi atap

Atap multiroof pasir memang salah satu jenis genteng logam yang paling mudah di sisi pemasangannya. Namun, sering kali orang melakukan kesalahan kecil ketika melakukannya. Hal ini karena ada hal-hal detail yang kurang diperhatikan ketika pemasangan. Karena itu berikut ada beberapa tips yang bisa diterapkan ketika memasang genteng jenis ini di Rumah. 

  1. Gunakan Rangka yang Sederhana Saja

Jenis genteng logam pasir ini memiliki bobot yang sangat ringan dibandingkan dengan jenis atap yang lainnya. Hal inilah yang membuat atap ini tidak memerlukan rangka yang terlalu rumit. Rangka dengan desain yang terlalu rumit malah dapat membuat pemasangan genteng ini semakin sulit. 

Karena itu, gunakan rangka yang bentuknya sederhana saja namun kuat. Pastikan rangka terbuat dari baja ringan. Bahan ini merupakan rangka yang paling cocok untuk pemasangan lembaran multiroof pasir ini. 

  1. Pastikan Ukuran Reng Terlebih Dahulu

Cara pemasangan atap multiroof pasir sebenarnya bisa sangat mudah dan efisien. Namun, ada hal yang harus dilakukan secara seksama dan hati-hati pada bagian awal pemasangan lembaran ini. Hal tersebut adalah proses pengukuran reng. 

Pengukuran reng sangat penting dalam proses pemasangan ini. Hal ini agar memastikan posisi lembaran genteng logam pasir ini tepat dan beringan. Jadi tidak ada yang kelebihan atau harus dilakukan penambahan maupun pemotongan lagi di bagian akhir. 

  1. Pasang Genteng Mulai dari Bagian Atas

Ketika memasang lembarang genteng metal pasir ini lebih baik untuk mulai memasangnya dari bagian atas terlebih dahulu. Hindari memasang dari bagian bawah terlebih dahulu, hal ini bisa menyebabkan genteng yang sudah terpasang akan terinjak ketika Anda memasang genteng bagian atas. 

Genteng metal pasir memang merupakan bahan yang kuat. Namun, sebaiknya untuk menghindari hal yang tersebut dan memasangnya dari atas saja. 

  1. Gunakan Sekrup 5 cm Untuk Ketahanan

Ukuran sekrup yang disarankan untuk pemasangan atap multiroof pasir adalah 5 cm. sekrup ukuran ini dianggap cukup ideal untuk menahan sambungan lembaran atap. Pemasangan dengan sekrup ini juga memastikan bahwa lembaran genteng yang dipasang akan lebih kuat dari terpaan angin dan sebagainya. 

  1. Pasang Sekrup Secara Horizontal 

Tips selanjutnya untuk pemasangan jenis genteng metal logam ini adalah pemasangan sekrupnya. Usahakan untuk memasang sekrup secara horizontal pada sambungan lembaran genteng dan rangkanya. 

Pemasangan ini bertujuan agar sekrupnya dapat menembus rangka serta lembaran gentengnya. Jadi, sambungan antara lembaran genteng dan rangka bisa menjadi lebih kuat dan tahan terhadap cuaca. 

Itulah tips untuk memasang atap multiroof pasir, dengan menerapkan tips-tips ini. Pemasangan genteng pasti akan menjadi lebih mudah. Hasilnya juga lebih kuat, lebih awet, dan juga lebih baik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *