saveninjavideo

Welcome to my blog!

Bagaimana Cara Kerja Peer to Peer Lending?

Ilustrasi Peer to Peer Lending

Pinjaman online atau dikenal dengan fintech biasanya dimulai dengan adanya platform online dimana peminjam dapat melakukan transaksi dan pembayaran secara online. Adapun return yang ditawarkan memang biasanya tinggi, namun syaratnya dikenal cukup mudah dan prosesnya juga lebih cepat dibandingkan dengan lembaga keuangan konvensional. Berikut cara kerja peer to peer lending.

Melakukan registrasi

Hal pertama yang dilakukan adalah pendaftaran atau registrasi pada platform online yang tersedia. Registrasi sesuai dengan posisi Anda. Jika Anda adalah investor, maka Anda bisa memilih lender (pemberi pinjaman), jika Anda adalah peminjam, maka Anda bisa memilih borrower. Registrasi bisa dilakukan di PC ataupun smartphone sesuai dengan layanan yang tersedia.

Lakukan pengajuan

Selanjutnya Anda bisa melakukan pengajuan. Misalnya Anda adalah peminjam, maka silakan memilih pengajuan pinjaman dan mengisi form identitas yang diminta. Tuliskan data diri dan kondisi keuangan Anda secara nyata.

Tunggu verifikasi

Pihak platform peer to peer lending kemudian akan memverifikasi berkas Anda dan menganalisa, apakah Anda sudah layak menjadi pemberi pinjaman ataupun mengajukan pinjaman. Pihak verifikator juga akan menetapkan berdasarkan tingkat risiko yang akan terjadi juga.

Selanjutnya, lender ataupun borrower yang terpilih akan ditempatkan oleh platform, berikut juga informasi dan profil Anda akan ditampilkan dalam platform peer to peer lending.

Proses seleksi

Selanjutnya akan dilakukan seleksi dan analisa mengenai lender dan borrower yang tersedia dalam platform peer to peer lending. Nantinya investor (pemberi pinjaman) dapat melihat borrower yang telah mengajukan pinjaman dan menentukan apakah bersedia memberikan pinjaman sesuai informasi atau tidak.

Peminjaman dan pengembalian

Ketika sudah disetujui oleh pihak investor, maka proses peminjaman dapat dilakukan. Untuk urusan pengembalian, borrower bisa mengembalikan pinjaman sesuai dengan jumlah yang telah disepakati. Proses transaksi dan pengembalian pinjaman semuanya dilakukan dalam platform peer to peer lending. Sementara metode pembayarannya bisa dilakukan dengan transfer bank, ATM, ataupun pembayaran virtual lainnya sesuai dengan yang tersedia pada tiap-tiap platform peer to peer lending yang digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *