saveninjavideo

Welcome to my blog!

Kelebihan dan Kekurangan Genteng Metal Pasir

Ilustrasi Genteng Metal Pasir

Genteng merupakan bagian atap pada rumah yang sangat dibutuhkan. Seiring dengan perkembangan zaman, produksi genteng pun memiliki inovasi. Salah satunya adalah dengan adanya genteng metal pasir. Sebenarnya, apa kelebihan dan kekurangan dari genteng satu ini? Berikut pembahasannya.

Kelebihan Genteng Metal Pasir

  • Anti Karat

Kelebihan pertama yang harus Anda ketahui dari genteng satu ini adalah antikarat. Antikarat membuat genteng jenis metal pasir lebih aman dan tidak mudah rusak. Dengan begitu, Anda bisa menjadikan genteng tersebut sebagai option penggunaan jangka panjang.

  • Meredam Suara Bising

Kelebihan selanjutnya dari genteng metal pasir adalah dapat meredam suara bising. Tentu hal ini sangat berguna pada pemukiman sehingga tidak saling menganggu satu sama lain. Sebab, suara-suara yang ada di rumah dengan genteng metal ini bisa terkendali kebisingannya.

  • Ramah Lingkungan

Berikutnya, genteng jenis metal pasir juga dikenal sebagai genteng yang ramah lingkungan. Artinya, baik proses maupun pembuangannya tidak akan memberikan dampak signifikan terhadap kerusakan lingkungan. Selain itu, dalam hal perawatan dari genteng tersebut juga dikenal lebih hemat dan mudah. Oleh sebab itu, Anda tinggal merawatnya seperti halnya genteng pada umumnya.

Bedanya, genteng ini memiliki keistimewaan yang jarang dimiliki oleh genteng jenis lainnya.

  • Tidak Mudah Terbakar

Ketika Anda menggunakan genteng jenis metal pasir, Anda juga akan mendapatkan keuntungan lainnya yakni tidak mudah terbakar. Tentu hal ini sangat penting untuk dimiliki oleh elemen-elemen pada rumah termasuk untuk genteng. 

Dengan genteng yang tidak mudah terbakar, maka dapat menghindarkan Anda pada hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Banyak Pilihan Model

Selanjutnya, dengan menggunakan genteng jenis metal pasir, maka Anda akan menjumpai banyak pilihan model. Dengan begitu, tinggal sesuaikan pada kebutuhan atau keinginan Anda saat memilihnya.

  • Kuat/Tidak Mudah Terlepas

Kuat atau tidak mudah lepas juga menjadi kelebihan tersendiri dari genteng satu ini. Pasalnya, dirancang dengan sedemikian rupa, membuat genteng jenis metal pasir menjadi saling mengunci satu sama lain dengan kuat.

Kekurangan Genteng Metal Pasir

  • Rentan pada Tekanan

Di samping memiliki kelebihan, genteng ini juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah rentan terhadap tekanan. Oleh sebab itu, dalam penggunaannya sebaiknya hindarkan beban di atas atap yang menggunakan genteng jenis metal pasir.

  • Warna Mudah Mengelupas

Selain rentan pada tekanan, genteng jenis metal pasir juga memiliki kekurangan lain yakni warnanya yang mudah mengelupas. Hal ini membuat Anda harus berhati-hati saat memasang genteng pasir untuk atap pada rumah.

  • Daya Redam Panas Kurang Lebih 70%

Genteng jenis metal pasir juga memiliki daya redam panas yang tergolong rendah. Yakni hanya kurang lebih 70% saja. Itu sebabnya, jika Anda membangu sebuah rumah dengan genteng ini, harus memperhatikan adanya ventilasi lain yang membantu masuknya udara supaya tidak terlalu panas.

Itulah kelebihan dan kekurangan dari genteng metal pasir yang perlu Anda ketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *