saveninjavideo

Welcome to my blog!

Perlu Diketahui! Inilah Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Cek Kesuburan Pria

Ilustrasi Cek Kesuburan Pria

Salah satu faktor kehamilan seorang wanita adalah kesuburan pria itu sendiri. Semakin tinggi tingkat kesuburan pria, maka semakin mungkin untuk membuat pasangannya hamil. Sehingga, kamu perlu rutin cek kesuburan pria sebelum berhubungan intim dengan pasangan kamu.

Beberapa faktor yang mempengaruhi cek kesuburan pria adalah sebagai berikut:

  1. Usia

Usia memang menjadi salah satu tolak ukur tingkat kesuburan pria. Pasalnya, kondisi tubuh yang fit menjadi salah satu alasan tingkat kesuburan pria muda lebih baik ketimbang usia yang sudah tua. Oleh karena itu, jika kamu ingin memiliki anak, sebaiknya untuk melakukannya di usia muda karena jika semakin tua, tingkat kesuburan tentu akan semakin menurun.

  1. Radiasi

Sering terpapar radiasi juga mempengaruhi tingkat kesuburan pria. Biasanya, radiasi ini dapat berasal dari barang-barang elektronik seperti televisi, komputer, smartphone, dan lain sebagainya. Meski demikian, terpapar radiasi dalam waktu yang lama justru dapat menurunkan tingkat kesuburan pria.

  1. Suhu

Suhu juga berpengaruh terhadap kesuburan pria. Terutama pada bagian buah zakar (skrotum). Jika buah zakar semakin sering menerima panas, maka tingkat kesuburan pria akan berkurang. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena efek ini hanya sementara dan akan kembali menjadi normal ketika suhu buah zakar juga menurun.

  1. Penyakit

Adanya penyakit menjadi faktor yang cukup besar perihal kesuburan pria. Terutama terhadap penyakit epididimis dan varikokel.

Epididimis merupakan penyakit kelamin di mana saluran yang menghubungkan buah zakar dengan uretra menyempit dan tidak dapat mengeluarkan sperma dengan semestinya. Varikokel merupakan penyakit di mana terajdi pembengkakan pembuluh darah pada saluran buah zakar.

Meski terdengar cukup mengerikan, kamu tidak perlu khawatir karena kedua penyakit ini dapat disembuhkan.

  1. Zat Adiktif

Adanya zat adiktif di dalam tubuh ternyata juga dapat merusak tingkat kesuburan pria. Baik itu berasal dari rokok, alkohol, hingga narkoba. Pasalnya, kandungan adiktif yang terdapat di dalamnya dapat mempengaruhi DNA dan libido, sehingga mempengaruhi kualitas sperma yang dihasilkan.

Itulah tadi beberapa faktor dan hal yang mempengaruhi tingkat kesuburan pria. Oleh karena itu, perlu dilakukan cek kesuburan pria untuk mengetahui kondisi organ reproduksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *