saveninjavideo

Welcome to my blog!

3 Rekomendasi Tes Kesuburan yang Akurat

Ilustrasi Cara Menggunakan Tespek Kesuburan

Tes kesuburan menjadi salah satu prioritas utama yang perlu untuk dipertimbangkan apabila Anda sedang menjalani program hamil. Cara  ini pada kenyataannya tidak hanya dilakukan di fasilitas kesehatan. Anda bisa mengecek sendiri kesuburan di rumah menggunakan tespek untuk mengecek masa subur. Cara menggunakan tespek kesuburan ini sangat mudah dan efektif juga hasilnya.

Siapa Saja yang Harus Menggunakan Tespek Kesuburan?

Pada dasarnya, setiap orang yang aktif dalam hubungan seksual teratur KB harus mempertimbangkan untuk menggunakan alat tespek kesuburan. Alat ini akan membantu Anda dalam memeriksa kapan masa subur Anda sehingga pada saat itu Anda dianjurkan untuk melakukan hubungan seksual agar mempercepat proses kehamilan.

Pemeriksaan ini sangat membantu dalam mengidentifikasi yang bisa menyebabkan kemandulan pada pasangan. Sehingga pada kondisi ini bisa ditangani dengan sangat baik agar dapat mendapatkan momongan. Lalu siapa saja yang memerlukan untuk cara menggunakan tespek kesuburan? Berikut ini adalah penjelasannya.

  • Wanita yang berusia 35 tahun ke atas dan ingin segera hamil
  • Wanita yang mengalami gangguan pada sistem reproduksinya misalnya saja gangguan pada saluran tuba dan rahim
  • Menstruasi yang tidak teratur dan lama lebih dari 35 hari atau tidak mengalami menstruasi sama sekali
  • Wanita yang mengalami keguguran
  • Mempunyai riwayat penyakit radang panggul

Macam-Macam Alat Tes Kesuburan

Kesuburan wanita  tergantung pada ovarium yang mengeluarkan sel telur harus dalam kondisi  sehat. Tes fertilitas wanita dilakukan untuk mencari tahu apakah ada gangguan dalam proses bertemunya sperma dengan sel ovum di tuba falopi. Ada beberapa jenis tes untuk kesuburan, yaitu :

  1. Tes ovulasi

Tes ovulasi  merupakan sebuah  tes darah yang  dilakukan untuk mengukur kadar hormon. Dari tes ini bisa dilihat apakah proses ovulasi berjalan dengan baik. Hormon yang akan dilihat adalah LH, FSH,, androgen, prolaktin, dan progesteron.

 Tes kesuburan ini biasanya  dilakukan pada hari tertentu selama proses  siklus menstruasi Anda. Pada umumnya , kadar FSH yang  akan diperiksa pada hari ke-3 menstruasi dan progesteron biasanya diperiksa pada hari ke 21-22 dari siklus menstruasi.

  1. Histerosalpingografi

Histerosalpingografi merupakan sebuah tes yang digunakan untuk mengevaluasi kondisi rahim dan juga saluran tuba. Selain itu juga mencari apakah ada penyumbatan atau masalah  yang lain yang bisa menghambat terjadinya  pembuahan. Selain itu, tes ini juga dilakukan untuk  melihat  adakah  cairan keluar dari saluran tuba Anda.

  1. Tespek Kesuburan

Tespek kesuburan merupakan tes yang sangat efektif untuk dilakukan. Cara menggunakan tespek kesuburan ini dilakukan melalui urine atau air liur. Hasilnya tidak menunggu lama. Cukup hanya 2-5 menit saja sudah akan terlihat hasilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *