saveninjavideo

Welcome to my blog!

Cara Melakukan Pembelian Rumah di Kawasan Perumahan untuk Pertama Kali

Ilustrasi Kredit Perumahan

Walaupun sudah memiliki anggaran yang cukup, membeli sebuah rumah buka merupakan sebuah perkara yang mudah untuk dilakukan. Kredit perumahan juga harus direncanakan secara matang karena merupakan salah satu aset untuk investasi dalam jangka waktu yang panjang. Melakukan pembelian pertama kali memang akan cukup memakan banyak waktu. 

5 Hal yang Harus Diperhatikan di Saat Akan Membeli Rumah

Ada beberapa cara membeli rumah di perumahan dan harus diperhatikan dengan sangat baik terutama jika Anda baru melakukan pembelian rumah untuk yang pertama kali. Misalnya seperti yang ada di bawah ini :

1.Membuat Anggaran

Jika Anda ingin kredit perumahan memang harus terlebih dahulu mempersiapkan anggaran yang tidak sedikit, sehingga nantinya anggaran ini harus direncanakan dengan sangat baik yang mana nantinya dapat dikeluarkan dan juga batas bayar yang mampu untuk dilakukan. Hal ini dilakukan agar nanti tetap bisa mencukupi keperluan finansial untuk bahan pokok maupun finansial propertinya. Umumnya dari pihak bank akan memberikan syarat untuk cicilan KPR pada setiap bulannya kurang lebih 30% secara bersih milik pribadi maupun suami – istri. 

  1. Tentukan Lokasi

Tahapan selanjutnya yang dapat dilakukan pada saat Anda akan melakukan pembelian perumahan terdekat yaitu menentukan lokasi dari rumah yang diinginkan. Menentukan untuk lokasi rumah tersebut dapat dilihat dari berbagai aspek, pertimbangan lokasi yang tidak mudah terkena banjir, memiliki askes yang mudah dan juga strategis, mempertimbangkan kondisi air, bentuk tanah pada lokasi tersebut dan besaran anggaran yang dimiliki. 

  1. Mengenal Secara Mendalam Seluk Beluk Rumah 

Berbagai macam seluk beluk dalam pembayaran harus Anda kenali dengan sangat baik, hak ini sangat penting untuk dilakukan karena agar Anda bisa tahu dan memiliki komitmen apa saja yang nantinya akan dibutuhkan di saat melakukan pembelian rumah. Nantinya akan terdapat dua macam jenis pembayaran yang bisa Anda lakukan, yaitu, booking fee menjadi tanda jika sudah melakukan pemasangan unit tertentu pada properti, kedua uang DP ini yang akan menjadi tanda jadi bila memang sudah serius membeli. Tidak hanya itu saja DP ini akan menjadi pengikat harga yang memang sudah disepakati sebelumnya di antara penjual dan juga pembeli properti tersebut. 

  1. Menentukan Tipe Rumah yang Anda Inginkan

Kredit perumahan yang selanjutnya adalah pada umumnya developer akan memiliki berbagai tipe luas dari tanah dan juga hunian yang sangat berbeda-beda. Sekarang ini tipe rumah yang paling populer adalah 36,45,60 dan juga 70. Jika Anda ingin menentukan tipe rumah Anda dapat melakukan cek pada produk rumah yang memang sudah disediakan oleh developer. 

  1. Pilih Developer Terpercaya

Pastikan bila dari pihak developer rumah perumahan yang Anda gunakan sudah terpercaya, hal ini bisa dilakukan dengan mencari tahu rekam jejak penjualan sebelumnya. Ada maupun tidaknya permasalahan yang terjadi sebelumnya, bila tidak terjadi masalah, maka dapat menggunakan developer tersebut. Pastikan juga bila developer tersebut memberikan penawaran sesuai dengan anggaran. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *